Pandemi virus corona Covid-19 belum berakhir. Beberapa cara pun dilakukan untuk memutus penyebaran virus corona Covid-19, seperti mematuhi protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi.

Kini, mulai banyak obat Covid-19 yang bermunculan dan mendapat perhatian dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Lantas, apakah obat yang bermunculan itu aman untuk dikonsumsi?

Juru Bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan bahwa Indonesia selalu bersikap terbuka terhadap semua jenis pengobatan Covid-19 yang tersedia.

Meski begitu, sebelum bisa digunakan, seluruh jenis obat-obatan tersebut wajib melakukan uji klinis. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan dan keampuhan obat tersebut sebelum diberikan kepada pasien.

"Terkait dengan uji klinis, tahapan Ini adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan sebelum obat layak digunakan secara umum oleh masyarakat umum," ujar Wiku, melansir situs resmi Satgas Covid-19.

Ke depannya pemerintah akan segera menginformasikan update terkait perkembangan obat dan material kesehatan untuk mendukung pelayanan COVID-19.

Baca Juga: Obat Ronapreve Diklaim Bisa Cegah Kematian Akibat Covid-19, Sudah Aman Belum? Ini Faktanya...

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.