Coba ngaku apakah kamu sering makan mie instan dengan nasi? Memang, biasanya kombinasi makanan ini sudah jadi kebiasaan orang Indonesia.

Padahal, menurut ahli penyakit dalam Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, mie dan nasi sama-sama mengandung karbohidrat sehingga nilai kalorinya sangat tinggi jika dikonsumsi bersamaan. Jika serng dilakukan, tentu hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan.

Kira-kira apakah ada bahaya yang ditimbulkan jika mengonsumsi mi instan dengan nasi? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (8/10/2021).

Bahaya Makan Nasi dengan Mie Instan 

Di dalam 100 gram nasi putih (sekitar 1 centong nasi) mengandung sekitar 152 kalori. Sementara itu, satu bungkus mie instan mengandung sekitar 350 kalori. Jika kita konsumsi bersama, tentu asupan kalori yang kita terima dalam satu kali makan sudah mapai 500 kalori lebih hanya dari nasi dan mie saja. 

Kalori berlebihan akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh. Lambat laun, hal ini bisa memicu obesitas. Asupan kalori yang tinggi akan menyebabkan stres pada tubuh. Makanan berkalori tinggi biasanya megandung lemak dan gula yang tinggi. Kandungan tersebut bisa meningkatkan faktor risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung dan kanker.

Satu bungkus mie instan mengandung sekitar 40 gram karbohidrat, sedangkan satu centong nasi putih mengandung sekitar 38 gram karbohidrat. Jika dikonsumsi bersamaan, jumlah tersebut juga tergolong tinggi. 

Baca Juga: Geger! Makan Cokelat Setelah Mi Instan Bisa Menyebabkan Kematian?