Menu

Rendah Kalori, Lima Minuman Ini Kaya Nutrisi dan Bisa Jaga Berat Badan, Lho!

Adeline Kinanti
08 Oktober 2021 12:35 WIB
Rendah Kalori, Lima Minuman Ini Kaya Nutrisi dan Bisa Jaga Berat Badan, Lho!

Ilustrasi berat badan belum turun setelah melahirkan. (Freepik/jcomp)

HerStory, Depok —

Kita semua tahu minum air dan tetap terhidrasi adalah salah satu cara sederhana dan efektif untuk meningkatkan kesehatan. Menjaga hidrasi akan membuat tubuh bekerja dengan baik dan fungsi tubuh berjalan lancar.

Namun, tentu kita juga harus memperhatikan minuman yang kita minum. Karena saat ini banyak minuman yang mengandung kadar gula yang sangat tinggi, pada akhirnya membuat kalori dalam tubuh menjadi berlebih.

Solusinya, sudah jelas, pilihlah minuman rendah kalori untuk menghindari gula berlebih. Minuman rendah kalori juga sangat cocok bagi Beauty yang sedang menjalankan program diet dan menjaga berat badan.

Menariknya, minuman sehat ini juga bisa Beauty buat sendiri di rumah. Melansir dari tailormadehealth.com, berikut beberapa minuman rendah kalori yang sehat dan penuh nutrisi.

Infused Water

Minuman rendah kalori yang pertama adalah infused water. Selama musim panas, tubuh cenderung menggunakan lebih banyak air untuk menjaga suhu tubuh tetap dingin, itulah kenapa sangat penting untuk tetap terhidrasi.

Air tidak mengandung lemak, protein, atau karbohidrat. Jadi, secara teknis, air ini bahkan bukan minuman berkalori rendah. Namun, terkadang air putih saja nggak cukup menarik. Jadi, ada cara yang bagus untuk menambahkan sedikit rasa tanpa menambahkan gula yang tak perlu adalah dengan memasukkan buah favorit ke dalam air putih.

Setelah menambahkan buah atau rempah favorit ke dalam air, diamkan di lemari es selama beberapa jam. Ini memberi air waktu yang dibutuhkan untuk menyerap semua rasa dan beberapa manfaat kesehatan dari bahan-bahannya.

Air Kelapa

Minuman rendah kalori yang kedua yakni air kelapa. Air kelapa adalah cairan bening yang berasal dari bagian tengah kelapa. Air ini adalah pilihan yang bagus sebagai minuman olahraga yang manis.

Dalam bentuknya yang paling murni, air kelapa bebas lemak, bebas kolesterol, rendah natrium kaya akan potassium, dan penuh elektrolit. Selain itu, satu cangkir air kelapa hanya mengandung sekitar 45 kalori. Sebagai minuman rendah kalori, air kelapa adalah pilihan yang bagus.

Jus Buah

Minuman rendah kalori yang ketiga, yaitu jus buah segar. Jus buah dalam kemasan praktis dan tersedia secara luas. Meskipun jus menawarkan beberapa manfaat dari sumber alami, jus ini sering mengandung banyak gula.

Vitamin dan mineral yang mungkin diperoleh dari jus ini hampir tak dapat menggantikan asupan gula yang besar. Faktanya, sebagian besar jus buah dan soda dalam kemasan hampir memiliki jumlah gula yang sama.

Alternatif yang lebih sehat adalah jus buah segar. Mereka menawarkan banyak vitamin dan mineral, membuat tubuh tetap terhidrasi, dan gula alami yang memberikan dorongan energi yang besar.

Smoothie

Minuman rendah kalori yang keempat, yaitu smoothie rendah kalori. Kebanyakan smoothie yang tersedia secara komersial mengandung sekitar 400 kalori.

Meskipun smoothie menggunakan buah-buahan segar, mereka juga menggunakan es krim, sorbet, atau susu penuh lemak untuk mengemas lebih banyak rasa. Dengan menyesuaikan beberapa bahan dasar, Anda sebenarnya dapat mengurangi jumlah kalori itu hingga setengahnya.

Spritzer Buah

Minuman rendah kalori yang kelima, yaitu spritzer buah. Spritzer adalah minuman dingin dan berbuih yang terbuat dari minuman berkarbonasi biasa. 

Rasa spritzer berasal dari buah-buahan atau rempah-rempah. Spritzer buah buatan sendiri bisa menjadi alternatif yang bagus untuk menggantikan soda manis.

Jumlah kalori dalam spritzer tergantung pada jenis minuman berkarbonasi yang digunakan. Air tonik, air mineral bersoda, seltzer, dan soda klub biasanya. Tetapi perhatikan bahwa satu kaleng air tonik biasa memiliki sekitar 124 kalori, jadi akan lebih baik untuk menjauhinya.