Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi biasanya enggak menunjukkan gejala, tapi tetap harus diwaspadai. Sebab, penyakit ini bisa menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan lainnya.

Nah, para penderita hipertensi harus memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi supaya tekanan darah bisa tetap terkontrol. Jangan konsumsi makanan yang bisa menjadi pemicu naiknya tekanan darah.

Menurut ahli diet Kate Patton, MEd, RD, CSSD, LD, berikut ini beberapa makanan yang perlu dihindari oleh penderita tekanan darah tinggi. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Pizza

Pizza menjadi salah satu makanan yang perlu dihindari oleh para penderita hipertensi. Sepotong pizza dapat mengandung lebih dari 700 mg natrium. Pilihlah pizza dengan sedikit keju dan lebih banyak sayuran.

Roti

Selanjutnya, roti juga perlu dihindari oleh si penderita darah tinggi. Umumnya, sepotong roti mengandung 230 mg natrium dan sandwich mengandung 460 mg natrium. Pilihlah roti dengan kandungan kurang dari 140 mg natrium atau lebih baik mengonsumsi roti gandum.

Salad dressing

Salad dressing juga bisa menjadi pemicu naiknya tekanan darah. Jadi, pilihlah salad dressing secara hati-hati. Lebih baik menggunakan minyak zaitun atau cuka khusus untuk salad dressing.

Acar

Satu sendok acar bisa mengandung lebih dari 300 mg natrium. Menambahkan acar ke setiap makanan dapat meningkatkan kadar kandungan natrium yang dikonsumsi.

Baca Juga: Wow! Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi Dalam Waktu 3 Menit, Ternyata Ini Lho yang Perlu Kamu Lakukan...

Nah, itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari para penderita tekanan darah tinggi. Semoga bermanfaat!

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.