Selama ini, orang biasa mengaitkan penyakit pembuluh darah atau vaskular dengan penyakit jantung. Sehingga ada istilah khusus yang menggabungkan keduanya yaitu kardiovaskular.

Tapi tahu gak, Beauty, nyatanya penyakit pembuluh darah gak melulu hanya berhubungan dengan jantung. Pembuluh darah tersebar di seluruh bagian tubuh dan penyakitnya pun perlu mendapatkan perhatian yang lebih baik.

Nah, penyakit vaskular ini adalah kondisi apapun yang memengaruhi jaringan pembuluh darah kamu, Beauty.

Penyakit ini berhubungan dengan masalah pada arteri, vena, dan pembuluh yang membawa getah bening hingga gangguan yang memengaruhi aliran darah kamu.

Parahnya, penyakit ini pun dapat mengakibatkan banyak komplikasi, misalnya pembuluh darah pecah dapat menyebabkan kematian mendadak. Atau rusaknya pembuluh darah tepi dapat membuat seseorang harus diamputasi. Duh!

Nah, dilansir dari WebMD, berikut adalah beberapa jenis penyakit vaskular yang bisa memengaruhi kondisi pembuluh darah kamu, Beauty. Scrooll ke bawah ya!

Buerger’s disease

Perlu kamu ketahui, Beauty, penyakit langka ini paling sering terjadi di arteri dan vena kecil dan menengah di lengan dan kakimu, lho.

Mereka membengkak dan dapat membentuk gumpalan, memutus suplai darah ke jari tangan, tangan, jari kaki, atau kaki.

Bagian tubuh ini akan terasa sakit, bahkan saat kamu sedang istirahat. Jika sudah parah, kamu mungkin kehilangan jari tangan atau kaki!

Aneurisma

Aneurisma adalah tonjolan di dinding pembuluh darah dan paling sering terlihat di pembuluh darah aorta. Kamu bisa mendapatkan aneurisma aorta di dada atau perut.

Lantaran dinding arteri meregang dan menipis di titik aneurisma, ia rapuh dan bisa pecah di bawah tekanan, seperti balon. Pecahnya aneurisma aorta yang tiba-tiba, bisa mematikan juga lho! Duh!