Kismis merupakan salah satu bahan yang bisa dikombinasikan dengan berbagai makanan. Bentuknya yang kecil membuat kismis dijadikan toping di beberapa makanan, seperti salad. usut punya usut, kismis berasal dari anggur yang dikeringkan lho.

Selain rasanya yang lezat, ternyata kismis juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Kismis mengandung vitamin, serat, dan mineral. Kismis juga merupakan makanan yang  bebas dari lemak dan kolesterol jahat.

Dengan memiliki segudang kandungan yang luar biasa, berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi kismis untuk kesehatan:

Melancarkan pencernaan

Manfaat kismis yang satu ini datang dari kandungan seratnya. Satu setengah gelas kimis mengandung 2,7 gram serat atau sekitar 6-12i kebutuhan harian secara umum.

Serat membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit dengan cara melembutkan dan menambah berat serta ukuran feses.

Mencegah anemia

Konsumsi kismis bermanfaat mencegah anemia defisiensi besi. Kismis merupakan sumber besi yang sangat baik. Satu setengah gelas kimis mengandung 1,4 miligram besi.

Jumlah ini dapat memenuhi sekitar 7% kebutuhan besi harian bagi wanita dewasa dan 17gi pria dewasa.

Mencegah kerusakan sel dan DNA

Menariknya, ternyata kismis kaya kandungan antioksidan alami seperti phenol dan polyphenol. Antioksidan membantu menghalau radikal bebas dari tubuh dan mencegah kerusakan sel dan DNA.

Hal ini membuat kismis berkhasiat mencegah terjadinya penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan stroke.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.