Baru-baru ini, Artis sekaligus Presenter senior, Dorce Gamalama alias Bunda Dorce, dikabarkan tak sadarkan diri di IGD karena kesehatannya turun dratis. Belakangan, ia diketahui didiagnosis mengalami hipoglikemia.

Apa itu hipoglikemia?

Menurut dr. Fakhrunnisa, Sp.S, Dokter Spesialis Saraf Primaya Hospital Bekasi Barat, hipoglikemia adalah istilah medis yang mengacu pada kondisi ketika kadar gula atau glukosa dalam darah terlalu rendah.

“Glukosa adalah sumber energi utama untuk otak dan tubuh. Kisaran normal kadar glukosa darah 70-140 miligram per desiliter (mg/dL). Kadar pada setiap orang berbeda berdasarkan makanan terakhir dan hal-hal lain, termasuk obat-obatan yang diminum," kata Fakhrunnisa, sebagaimana dikutip dari media sindikasi, Suara.com, Senin (11/10/2021).

Ia mengatakan, jika kadar gula darah turun terlalu rendah, diperlukan perawatan segera untuk menghindari risiko seperti kejang, pingsan, hingga kerusakan otak.

Glukosa sendiri, kata dia, berperan menyediakan energi yang dibutuhkan untuk kinerja tubuh sehari-hari. Dan, organ yang paling memerlukan glukosa adalah otak.

Kata dia, otak manusia penuh dengan neuron yang terus memanfaatkan glukosa untuk menjalankan fungsi seperti berpikir, belajar, dan mengingat sesuatu.

Nah, ketika otak gak mendapatkan cukup glukosa, maka neuron gak memiliki bahan bakar yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan seluruh tubuh dan tak dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Baca Juga: Ya Allah... Dorce Gamalama Kristis di Ruang ICU, Keluarga: Mohon Keikhlasan untuk Mendoakan...

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.