Mengubah pola makan menjadi lebih sehat secara signifikan dapat mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat menurunkan tekanan darah, baik secara langsung maupun dalam jangka panjang.

Obat-obatan, perubahan pola makan, dan modifikasi gaya hidup lainnya dapat mengurangi tekanan darah tinggi sekaligus menurunkan risiko kondisi terkait. Memiliki tekanan darah tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, mengacu pada tekanan darah terhadap dinding arteri tubuh. Seiring berjalannya waktu, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang mengarah pada penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke, dan masalah lainnya.

Hipertensi kadang-kadang disebut sebagai silent killer karena tak menimbulkan gejala dan dapat luput dari perhatian karena tak diobati selama bertahun-tahun. Menurut sebuah studi baru, menambahkan buah stroberi ke dalam asupan harian Anda dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan tekanan darah sistolik. Secara khusus, buah ini bermanfaat bagi mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas dan yang memiliki kolesterol cukup tinggi (kolesterol LDL, atau kolesterol "jahat").

Stroberi dikemas dengan antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat termasuk potasium, folat, serat, dan polifenol, senyawa yang ditemukan pada tanaman yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Faktanya, penelitian yang diterbitkan sebelum studi baru ini menunjukkan makan setidaknya 1,5 cangkir stroberi per minggu dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung sebesar 34%.

Kalium yang ditemukan dalam stroberi diketahui dapat mengurangi tekanan darah tinggi, dengan menyeimbangkan efek natrium dalam sistem tubuh. Faktanya, inilah salah satu alasan mengapa stroberi dianggap sangat baik untuk jantung.

Baca Juga: 5 Bahaya yang Mengintai Kalau Keseringan Meregangkan Tulang sampai Bunyi, Bisa Kena Stroke!

Blueberry dan stroberi mengandung anthocyanin, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah seseorang. Blueberry dan stroberi mengandung senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin, sejenis flavonoid.