Menu

Gandeng Dekranas, Tokopedia Luncurkan Festival Fashion Lokal Jawa Barat

12 Oktober 2021 12:15 WIB
Gandeng Dekranas, Tokopedia Luncurkan Festival Fashion Lokal Jawa Barat

Festival Fashion Lokal Jawa Barat inisiatif Hyperlocal Tokopedia. (Press Release)

HerStory, Jakarta —

Tokopedia berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat lewat Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Barat (Dekranasda Jabar) meluncurkan Festival Fashion Lokal Jawa Barat. 

“Festival ini adalah turunan dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang bertujuan mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat demi mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Kami berharap produk lokal semakin menjadi pilihan utama masyarakat dan UMKM - termasuk yang bergerak di industri fesyen - bisa meraja di negeri sendiri,” kata Senior Lead Fashion Tokopedia, Aldhy Darmayo.

Berdasarkan data internal Tokopedia, Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang mengalami peningkatan pesat dari sisi jumlah penjual. Di sisi lain, terjadi peningkatan jumlah transaksi hampir 2x lipat di Jawa Barat selama kuartal III 2021 dibanding kuartal III 2020. 

“Kategori Fashion adalah salah satu kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi pada kuartal III 2021 di Jawa Barat. Animo tinggi dari masyarakat inilah yang melatarbelakangi kehadiran Festival Fashion Lokal Jawa Barat,” jelas Aldhy.

Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya memberikan apresiasi kepada Tokopedia yang telah menyediakan panggung bagi para pelaku UMKM fesyen di Jabar lewat Festival Fashion Lokal. Lewat festival ini, produk fesyen buatan UMKM Jabar bisa dengan mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia di mana pun berada.”

Festival Fashion Lokal Jawa Barat diikuti oleh banyak UMKM Jabar, seperti Nayara, Ame Raincoat, dan Gonegani. Hingga 28 Oktober 2021, masyarakat bisa mendapat produk fesyen terkurasi buatan UMKM Jabar dengan beragam penawaran, seperti bebas ongkir, cashback, flash sale, dan lain-lain.

Nayara merupakan salah satu UMKM fesyen wanita yang berawal dari penjualan offline, mulai dari ritel hingga pameran, namun pandemi sangat berdampak pada usaha ini. Founder Nayara, Adrina Effendi mengaku kalau omzetnya sempat turun drastis.

“Tokopedia menjadi harapan bagi Nayara untuk mempertahankan penjualan di tengah pandemi. Sejak rutin mengikuti kampanye di Tokopedia, kami mampu menjual ratusan produk setiap bulan. Omzet bulanan pun kembali mencapai puluhan juta,” ujar Adrina.

Selain itu, ada UMKM Ame Raincoat yang berawal dari tugas kuliah desain produk. Sebagai pemiliknya, Mirza Miftah dan Bimo Atiflu, akhirnya meneruskan berbisnis jas hujan dengan merek Ame Raincoat karena melihat potensi yang sangat besar. 

“Semua produk Ame Raincoat terbuat dari bahan polyester terbaik dan 100% lokal,” jelas Mirza. 

Walau sempat mengalami penurunan penjualan di awal pandemi, keadaan ini justru memotivasi Mirza dan Bimo untuk berinovasi dari segi produk, seperti membuat masker kain. 

“Terus berinovasi dan memaksimalkan pemanfaatan platform digital Tokopedia membuat penjualan Ame Raincoat meningkat hingga 2x lipat,” kata Bimo.

Ada pula usaha fesyen muslim lokal, Gonegani yang Berawal dari mencari cara untuk hidup mandiri selama kuliah. Sebagai pemilik Gonegani, Khairul Gani memberanikan diri berjualan baju siap pakai. Dengan modal Rp1 juta, ia kemudian membuat produk fesyen muslim rancangan sendiri yang diberi nama Gonegani pada 2016. 

“Lewat Tokopedia, kini omzet kami bisa mencapai ratusan juta per bulan. Nama Gonegani bahkan dikenal dari Aceh hingga Papua,” tutup Khairul.

Baca Juga: Tokopedia dan TikTok Lewat Shop | Tokopedia Rekap Tren Belanja Online Masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2024

Baca Juga: Konsisten Kembangkan Bisnis Ramah Lingkungan, Tokopedia Bagikan Kisah Inspiratif 'Kartini Jaga Bumi' dari 2 Pelaku Usaha Wanita Ini

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita

Artikel Pilihan