Siapa coba yang gak suka kopi? Ya, kopi adalah minuman yang banyak disukai orang. Tapi, kamu perlu tahu Beauty, kopi justru gak baik jika diminum oleh wanita saat menstruasi alias haid, lho!

Ya, perubahan hormon yang drastis selama menstruasi ternyata bisa menyebabkan sakit kepala, nyeri perut dan stres. Sehingga, wanita harus menghindari minum kopi selama menstruasi.

Menurut dr. Nupur Gupta, ginekolog dan dokter kandungan Well Woman Clinic di Gurgaon sebagaimana ditulis The Healthsite menjelaskan bahwa minum kopi bisa memengaruhi kondisi wanita saat menstruasi, salah satunya dehidrasi.

Karena, kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik. Kondisi ini gak hanya meningkatkan produksi urine tetapi juga berkontribusi terhadap kram yang menyebabkan dehidrasi.

Nah, jika kamu mengalami dehidrasi, kondisi ini bisa menyebabkan sakit kepala. Terlebih kopi juga bisa memengaruhi hormon, meningkatkan kecemasan dan kortisol serta memperburuk gejala menstruasi.

Dr. Joseph Mercola, pendiri Optimal Wellness Center di Illinois dikutip dari Live Strong, mengatakan, konsumsi minuman kafein juga terkait dengan peningkatan kadar estrogen. Hal ini bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker endometrium.

Baca Juga: Gak Melulu Hamil, 10 Kondisi Medis Ini Bisa Jadi Penyebab Telat Haid Lho!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.