Kabr duka kembali menyelimuti masyarakat Indonesia. Sosok Heldy Djafar, istri terakhir presiden pertama Indonesia, Soekarno, dikabarkan telah meninggal dunia pada hari Senin (11/10) di usia 74 tahun. Kabar ini pun juga telah dikonfirmasi oleh mantan Menpora Roy Suryo melalui akun Twitternya @KMRTRoysSuryo2. 

Dilansir dari berbagai sumber, AKURAT.CO mengumpulkan sejumlah fakta penting terkait sosok Heldy Djafar. 

Disiplin beragama

Heldy lahir di lingkungan keluarga yang taat beragama. Terlahir dari pasangan H. Djafar dan Hj. Hamiah, tak heran jika ia telah menamatkan baca Al-Qur'an sejak kecil. Tak hanya taat dalam beragama, keluarga ini juga dikenal sebagai keluarga terpandang di daerahnya. Hal ini terlihat dari rumah orangtuanya yang cukup besar dan berjenis rumah panggung.

Bercita-cita menjadi desainer interior

Heldy dikenal sebagai sosok yang gemar belajar. Sempat berpindah SMP, akhirnya, Heldy mampu menyelesaikan sekolah tingkat menengahnya di Tenggarong. Setelah lulus, ia memilih untuk melakukan menjalani studi di Jakarta. Bungsu sembilan bersaudara ini pun memilih untuk hijrah ke Jakarta menyusul sang kakak. Selain itu, ia juga memiliki cita-cita untuk menjadi seorang desainer interior. Akhirnya, ia juga belajar di Sekolah Guru Kepandaian Putri (SKGP).

Bertemu dengan Soekarno

Memiliki paras yang menawan, Heldy cepat populer. Bahkan, ia pernah tampil di sejumlah majalah. Hingga akhirnya, ia terpilih menjadi paskibraka Bhinneka Tunggal Ika yang akan tampil di Istana Negara dalam penyambutan tim Piala Thomas tahun 1964 silam.

Dari sinilah pertemuan Heldy dengan Soekarno terjadi. Pertemuan demi pertemuan pun terus terjadi hingga akhirnya Soekarno menikahi Heldy Djafar pada tahun 1966. Ketika itu, usia Soekarno 65 tahun dan Heldy berusia 18 tahun.

Baca Juga: 4 Fakta Unik Istri Ir. Soekarno: Pernah Berkelahi dengan Putri Ex Presiden Filipina dan Punya Channel YouTube Sendiri

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.