Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menempati peringkat 17 dari 100 perempuan paling berpengaruh di dunia versi Majalah Fortune.

Nicke terpilih bersama sejumlah CEO global, antaranya seperti CEO GlaxoSmithKline Emma Walmsley di peringkat pertama, CEO Ping An Group Jessica Tan di peringkat kedua, CEO Banco Santander Ana Botin di peringkat ketiga, dan CEO Macquarie Group Ltd Shemara R Wikramanayake peringkat keempat.

Majalah Fortune Internasional mengakui prestasi Nicke Widyawati sebagai pimpinan tertinggi perusahaan energi di Indonesia. Hal ini dibuktikan  dari kemampuannya melewati tantangan triple shock, yakni jatuhnya harga minyak, penurunan permintaan bahan bakar, dan tekanan nilai tukar yang dialami Pertamina selama pandemi tahun 2020.

Fortune menilai ketiga faktor itu telah menurunkan pendapatan dan laba Pertamina. Namun pada paruh pertama 2021, di bawah kepemimpinan Nicke, Pertamina menunjukkan kondisi lebih baik dengan mencapai target produksi minyak dan gas bumi.

Baca Juga: Inspiratif! Nicke Widyawati, Dirut Pertamina Raih Penghargaan Indonesia Most Powerful Women 2021

Majalah bisnis global ini juga mengakui Nicke terus mendukung transisi energi Indonesia. Dengan membangun portofolio Energi Baru Terbarukan untuk memberikan energi bersih bagi Indonesia di masa depan.