Gangguan kulit tak hanya terjadi pada orang dewasa. Anak-anak juga bisa lho mengalami gangguan kulit. Misalnya, bayi dan balita yang berisiko mengalami masalah kulit terkait dengan penggunaan popok.

Berbagai masalah kulit pada masa anak-anak umumnya memang hilang seiring bertambahnya usia, tetapi beberapa anak juga bisa mewarisi kelainan kulit permanen dari orangtua dan keluarga.

Kira-kira apa saja penyakit kulit yang mungkin terjadi pada anak-anak? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Rabu (13/10/2021).

1. Eksim

Eksim atau dermatitis atopik, adalah kondisi kulit umum yang ditandai dengan bercak kulit yang gatal dan meradang. Eksim sering terlihat pada bayi dan anak kecil. Tetapi eksim juga bisa muncul dari anak hingga orang dewasa.

Gejala utama eksim adalah kulit gatal, kering, kasar, bersisik, meradang, dan iritasi. Terkadang bisa kambuh, mereda, dan kemudian kambuh lagi.

Eksim dapat terjadi di mana saja tetapi biasanya menyerang lengan, siku bagian dalam, punggung lutut, atau kepala, terutama pipi dan kulit kepala. Eksim tidak menular, dan gejalanya berkurang seiring bertambahnya usia.

Eksim yang digaruk bisa semakin mengiritasi dan meradang kulit. Sehingga harus dicegah sebelum jadi infeksi yang harus diobati dengan antibiotik.

Baca Juga: Astaga! Maia Estianty Ternyata Idap Penyakit yang Susah Disembuhkan, Apa Ya?