Beauty, kamu mungkin sudah familiar dengan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tapi, apa kamu pernah mendengar istilah hipertensi maligna?

Yap, hipertensi maligna adalah suatu kondisi darurat medis yang terjadi ketika tekanan darah meningkat secara drastis ke angka 180/120 mmHg atau malah lebih tinggi lagi, lho Beauty.

Pada hipertensi biasa, tekanan darah biasanya bisa diturunkan secara bertahap selama beberapa minggu atau bulan dengan perawatan medis yang ketat.

Tapi, pada hipertensi maligna, kondisi harus segera dikendalikan dengan obat-obat penurun tekanan darah intravena. Kalau gak dikendalikan, ya tekanan darah bakal merusak pembuluh darah di dalam otak, mata, ginjal, jantung, bahkan bisa menyebabkan kematian, lho! Duh, jangan sampai kena deh!

Lantas, apa pemicu hipertensi maligna?

Fyi Beauty, gangguan hipertensi maligna ini kebanyakan terjadi pada seseorang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Penyakit ini juga lebih sering terjadi pada seseorang yang mempunyai kebiasaan merokok.

Nah, hipertensi maligna juga dapat lebih berisiko terjadi pada seseorang yang tekanan darahnya sudah di atas 140/90 mmHg. Menurut beberapa ahli, sekitar 1–2 persen kemungkinan tersebut dapat terjadi.

Baca Juga: Wow! Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi Dalam Waktu 3 Menit, Ternyata Ini Lho yang Perlu Kamu Lakukan...