Menu

Waspadai Hipertensi Maligna, Bisa Bikin Pendek Umur secara Instan! Apa Pemicunya?

13 Oktober 2021 16:25 WIB
Waspadai Hipertensi Maligna, Bisa Bikin Pendek Umur secara Instan! Apa Pemicunya?

Ilustrasi marah (Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, kamu mungkin sudah familiar dengan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tapi, apa kamu pernah mendengar istilah hipertensi maligna?

Yap, hipertensi maligna adalah suatu kondisi darurat medis yang terjadi ketika tekanan darah meningkat secara drastis ke angka 180/120 mmHg atau malah lebih tinggi lagi, lho Beauty.

Pada hipertensi biasa, tekanan darah biasanya bisa diturunkan secara bertahap selama beberapa minggu atau bulan dengan perawatan medis yang ketat.

Tapi, pada hipertensi maligna, kondisi harus segera dikendalikan dengan obat-obat penurun tekanan darah intravena. Kalau gak dikendalikan, ya tekanan darah bakal merusak pembuluh darah di dalam otak, mata, ginjal, jantung, bahkan bisa menyebabkan kematian, lho! Duh, jangan sampai kena deh!

Lantas, apa pemicu hipertensi maligna?

Fyi Beauty, gangguan hipertensi maligna ini kebanyakan terjadi pada seseorang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Penyakit ini juga lebih sering terjadi pada seseorang yang mempunyai kebiasaan merokok.

Nah, hipertensi maligna juga dapat lebih berisiko terjadi pada seseorang yang tekanan darahnya sudah di atas 140/90 mmHg. Menurut beberapa ahli, sekitar 1–2 persen kemungkinan tersebut dapat terjadi.

Baca Juga: Ibu Hamil Rentan Alami Tekanan Darah Tinggi, Lakukan Ini untuk Mengatasinya Moms!

Baca Juga: Darah Tinggi Kambuh Moms? 4 Makanan Ini Ampuh Bikin Hipertensi Out, Wajib Ada di Rumah!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.