Dalam rangka menyambut Hari Thrombosis Sedunia PERKI bekerjasama dengan P2PTM Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan talkshow mengenai pembekuan darah.

Pembekuan darah atau trombosis merupakan salah satu dari empat penyakit penyebab kematian manusia setiap tahunnya. 

untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan trombosis, International Society on Thrombosis and Haemostasis (ISTH) menjadikan tanggal 13 Oktober sebagai World Thrombosis Day alias Hari Trombosis Sedunia yang pertama. Sejak saat itu, Hari Trombosis Dunia diperingati setiap tahun. Dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan trombosis, diharapkan dapat mengurangi risiko penyakit akibat trombosis.

Menurut Novi Kurnianingsih, dokter spesialis  jantung dan pembuluh darah mengatakan bahwa trombosis atau pembekuan darah bisa terjadi di seluruh pembuluh darah yang ada pada organ tubuh, salah satunya adalah pembuluh darah di kaki.

Penyebab penyumbatan darah pada kaki ini pun bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

“Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh beberapa kondisi orang. Jadi, harus hati-hati terhadap orang yang sering merokok, memiliki riwayat penyakit keluarga, seperti, hipertensi, kolesterol, atau jantung koroner,” ungkap Novi Kurnianingsih secara virtual, Rabu (13/10/2021).