Makanan sehat bukan hanya terdiri dari sayur-sayuran saja, tetapi makanan sehat juga ditentukan dari cara pengolahannya. Cara makanan dimasak juga diperhitungkan, pasalnya metode memasak yang tak sehat dapat menyebabkan penyakit bawaan, membuat berat badan bertambah dan menghilangkan nutrisi yang ada di dalam makanan.

Pada artikel ini kita akan membahas beberapa cara memasak makanan yang tak sehat sehingga harus dihindari. Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi tak menjamin tubuh Anda akan mendapatkan semua nutrisi. Terkadang, semua nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tubuh hilang dalam proses memasak.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa kesalahan mengolah makanan hingga membuatnya jadi tak sehat seperti dilansir dari Boldsky (14/10/2021):

Goreng (Deep Fry)

Memasak Deep Fry melibatkan menggoreng makanan dalam minyak panas. Ini adalah salah satu cara memasak makanan yang tak sehat.

Hindari menggoreng makanan karena meningkatkan kandungan lemak jenuh makanan. Makanan yang digoreng adalah alasan utama peningkatan berat badan dan peningkatan kolesterol.

Dibakar dengan Arang

Makanan yang dibakar memang sangat enak. Tapi, menggunakan asap arang untuk memasak makanan bisa berdampak buruk bagi kesehatan lho.

Asap dari arang dapat bersifat karsinogenik (zat penyebab sel kanker). Selain itu, asap arang dapat menyebabkan penyakit pernapasan.

Oleh karena itu, ganti metode bakaran arang menjadi bakaran listrik. Ini juga merupakan metode yang ramah lingkungan karena asap arang mencemari udara. Hindari menggunakan arang karena merupakan metode memasak yang tak sehat.

Wadah plastik

Hindari menggunakan wadah plastik atau pembungkus plastik untuk memasak makanan di microwave. Wadah plastik juga mengandung zat penyebab kanker yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Makanan yang dilapisi plastik tak boleh dipanaskan kembali secara langsung dengan penutup di atasnya. Ini adalah salah satu cara memasak makanan yang tak sehat. Anda harus berhati-hati saat memasak makanan. Ini adalah hal-hal kecil yang dapat menyebabkan bahaya kesehatan.

Mencuci sayuran

Sayuran harus dicuci saat belum dikupas karena kulitnya terakumulasi dengan kotoran dan bahan kimia. Namun, setelah Anda memotong sayuran, hindari mencucinya. Pasalnya mineral dan nutrisi hilang secara signifikan saat Anda mencuci sayuran yang dipotong.

Baca Juga: Moms, Ini Lho Kesalahan Memasak yang Bisa Bikin Makanan Jadi Enggak Sehat, Salah Satunya Menggoreng di Minyak Panas!

Dengan begini, Anda hampir tak mendapatkan nutrisi yang ada dari sayuran tersebut. Demikian pula, cobalah untuk tak membuang kulit sayuran dan buah-buahan seperti apel dan kentang. Kulitnya sendiri mengandung banyak nutrisi. Hindari menggunakan cara memasak makanan yang tak sehat ini.