Pandemi virus corona Covid-19 belum berakhir, tapi para ahli sudah menyebut dan juga mengingatkan bahwa virus Nipah berpotensi menjadi pandemi dunia berikutnya. 

Mengutip Livemint (14/10/2021), virus Nipah (NiV) merupakan virus zoonosis yang ditularkan dari hewan ke manusia dan juga dapat menular melalui makanan yang terkontaminasi atau langsung antarmanusia. 

Virus ini dapat menyebabkan berbagai penyakit mulai dari infeksi asimtomatik (subklinis) hingga penyakit pernapasan akut dan ensefalitis fatal.

Profesor Dame Sarah Gilbert, pembuat vaksin AstraZeneca mengatakan kalau sekarang ini enggak ada vaksin Covid-19 untuk melawan virus Nipah yang bisa menyebabkan pembengkakan otak.

Jika virus Nipah ini berkembang pada tingkat yang lebih cepat, seperti virus corona Covid-19. Artinya, virus Nipah ini bisa menjadi bencana baru bagi dunia.

"Sekarang, semua orang mestinya sudah menyadari bagaimana proses virus corona Covid-19 ini menyebar ke seluruh dunia. Virus ini telah bermutasi, berevolusi dan membentuk varian Delta yang sangat menular," kata Dame Sarah dikutip dari The Sun.

Baca Juga: Selain Covid-19, Ini 4 Penyakit yang Berbahaya Saat Pandemi, Waspada Ya!

Lihat Sumber Artikel di Himedik.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Himedik.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Himedik.com.