Beauty, ingat ya, jika kamu mengonsumsi makanan tinggi gula bisa meningkatkan risiko berat badan berlebih dan obesitas. Otomatis, itu bisa memicu berbagai penyakit seperti diabetes atau kondisi tingginya kadar gula dalam darah.

Sayangnya, jika gak melakukan pemeriksaan kesehatan, sangat sedikit orang yang sadar jika tubuhnya sudah kelebihan gula hingga akhirnya diabetes bisa benar-benar menyerang.

Padahal, tubuh sudah beri beberapa tanda yang bisa jadi 'alarm' agar lebih waspasa, jika asupan gula sudah berlebih, sebagaimana dikutip dari media sindikasi Suara.com, Jumat (15/10/2021).

1. Berat badan bertambah tapi terus lapar

Makanan mengandung gula olahan memang bisa menggugah selera, tapi ini bukan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh, karena bisa meningkatkan berat badan pada orang dewasa maupun anak-anak.

Nah, mirisnya jika sudah kelebihan gula dan berat badan bertambah tapi rasa lapar tidak kunjung hilang, bahkan rasa lapar semakin menjadi.

Ini karena gula membanjiri otak dengan dopamin atau hormon kebahagiaan, yang akhirnya membuat tubuh tidak bisa memberikan sinyal ke otak, jika Anda sudah merasa kenyang.

2. Selalu murung dan mudah tersinggung 

Makanan ringan tinggi gula seperti biskuit, permen, dan aneka camilam manis bisa membuat penikmatnya kerap lesu dan murung.

Ini karena makanan tinggi gula tanpa protein dan lemak akan menyebabkan gula darah naik drastis, yang akhirnya menurunkan energi sehingga mudah lelah dan lebih cepat tersinggung. 

3. Timbul jerawat di sekitar mulut dan dagu 

Berdasarkan penelitian yang dipublikasi di JAMA Dermatology, jika mengonsumsi makanan manis dikaitkan dengan jerawat pada orang dewasa.

Ini karena makanan tinggi gula bisa menyebabkan resistensi insulin, atau tubuh tidak bisa mengolah gula dalam darah menjadi energi. 

Hasilnya hormon androgen meningkat, yang memicu peradangan hormonal seperti timbulnya jerawat di sekitar mulut dan garis rahang pada wajah. Duh!

4. Sistem pencernaan bermasalah 

Beauty, meski bisa disebabkan hal lain, tapi makanan tinggi gula bisa menurunkan keragaman mikrobiota usus selama seminggu, sebagaimana penelitian yang dilakukan pada tikus.

Saat tikus diberikan banyak larutan manis, ini tidak hanya mengurangi jumlah bakteri baik di usus, tapi juga menambah jumlah bakteri jahat.

Baca Juga: Wow Paten! 7 Teh Alami Ini Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah, Penderita Diabetes Minum Tiap Hari Yuk!

Gimana, kamu sudah merasakan salah satu tanda, Beauty? Jangan disepelein ya, segera periksakan ke dokter, ya!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.