Kesehatan organ reproduksi menjadi perhatian setiap orang. Terutama bagi wanita yang rentan mengalami masalah kesehatan apabila tak menjaga kebersihan vaginya.

Ada beberapa tanda yang menunjukkan masalah pada miss v, salah satunya ketika vagina mendadak menghitam. Ini bisa jadi salah satu tanda mengalami penyakit tertentu dan harus segera ditangani dengan serius.

Berikut adalah beberapa penyebab vagina berubah menjadi hitam:

1. Pubertas

Pada masa puber, anu perempuan mempunyai berbagai bentuk, ukuran, dan warna sehingga bisa menjadi penyebab menjadi hitam. Dapat dikatakan, warna bagian ini berkisar dari merah muda terang, cokelat kemerahan, hingga cokelat gelap kehitaman karena adanya perubahan hormon.

Jadi, area sensitif wanita yang disebut vulva juga bisa mengalami perubahan warna. Warna juga dapat berbeda-beda pada setiap wanita karena dipengaruhi oleh warna kulit berdasarkan ras.

2. Kehamilan

Sebagian besar wanita pada masa kehamilan mengalami perubahan hormon yang juga bisa memengaruhi kulit, kuku, dan juga rambut.

Hal ini juga bisa menjadi penyebab bagian sensitif serta paha menggelap, warna kulit pada labia dalam serta luar sementara waktu kemungkinan berubah warna menjadi kebiruan hingga keunguan karena peningkatan aliran darah.

Baca Juga: Ini Deretan Penyakit Akibat Tak Menjaga Kebersihan Organ Intim, Khusus Wanita Perhatikan Nomor 8 Ya!

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.