Menu

Sering Dikonsumsi! Ternyata 4 Obat Ini Gak Boleh Diminum Berlebihan Lho, Bisa Berakibat Fatal!

Tasha Rainita
15 Oktober 2021 14:35 WIB
Sering Dikonsumsi! Ternyata 4 Obat Ini Gak Boleh Diminum Berlebihan Lho, Bisa Berakibat Fatal!

Ilustrasi pil. (Freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Banyak orang yang sakit sedikit, tapi langsung minum obat. Padahal, sebenarnya itu berbahaya, apalagi kalau enggak sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter.

Mengonsumsi obat secara terus-menerus bisa menyebabkan kerusakan ginjal dan tentu akan berakibat fatal bagi kesehatan tubuh kamu. 

National Kidney Foundation yang berbasis di Amerika Serikat mengatakan bahwa obat yang dikonsumsi enggak sesuai dengan anjuran dokter atau obat yang diminum adalah ilegal, maka dapat menyebabkan cedera pada ginjal.

Berikut ini beberapa obat yang cukup berbahaya bagi ginjal dan harus kamu waspadai saat mengonsumsinya. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Obat pereda nyeri

Ginjal bisa rusak jika seseorang mengonsumsi banyak obat bebas, seperti aspirin, naproxen, dan ibuprofen. Obat-obatan ini enggak seharusnya diminum setiap hari atau secara teratur tanpa anjuran dokter terlebih dahulu.

Antibiotik

Antibiotik bisa berbahaya jika enggak dikonsumsi dengan benar. Orang dengan penyakit ginjal perlu mengonsumsi antibiotik dalam jumlah lebih sedikit daripada orang dengan ginjal sehat.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Share Artikel: