Menu

Bukan Cuma Hipertensi, Darah Rendah Juga Bahaya Bagi Kesehatan Lho! Ini Sederet Tanda yang Harus Kamu Perhatikan

Nada Saffana
15 Oktober 2021 16:00 WIB
Bukan Cuma Hipertensi, Darah Rendah Juga Bahaya Bagi Kesehatan Lho! Ini Sederet Tanda yang Harus Kamu Perhatikan

Ilustrasi pusing yang merupakan salah satu gejala dari anemia dan darah rendah. (Freepik/benzoix)

HerStory, Jakarta —

Tubuh memiliki cara untuk memperingatkan kita tentang penyakit atau penyakit potensial dengan menunjukkan tanda dan gejala tertentu. Tahukah Anda bahwa ketika tubuh memiliki tekanan darah rendah, tubuh mungkin menunjukkan tanda-tanda spesifik tertentu?

Ya, tubuh telah dirancang untuk mengirimkan peringatan berupa tanda dan gejala ketika ada ancaman penyakit tertentu, termasuk darah rendah. Namun, sering kali gejala-gejala ini tak begitu diperhatikan karena hampir tak menunjukkan tanda-tanda berbahaya.

Dengan begitu, banyak orang yang tak mengobati penyakit pada waktu yang seharusnya. Dan kondisi ini menyebabkan penyakit berkembang sampai menjadi cukup rumit.

Tekanan darah rendah, atau hipotensi, adalah suatu kondisi di mana tekanan darah dalam tubuh berada di bawah angka normal 90/60. Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh berbagai alasan seperti ketidakseimbangan hormon, kehamilan, masalah tiroid, depresi, kelelahan kronis, stroke panas, dan  penyakit jantung.

Agar tak kecolongan, yuk ketahui berikut ini adalah beberapa tanda dari tekanan darah rendah yang tak boleh Anda abaikan:

1. Pusing

Meskipun pusing dapat dikaitkan dengan banyak penyakit, itu juga merupakan tanda tekanan darah rendah. Jika Anda sering mengalami pusing, periksakan tekanan darah Anda segera.

2. Kurang Konsentrasi

Tanda lain dari tekanan darah rendah adalah kehilangan konsentrasi, karena suplai oksigen ke otak Anda berkurang. Jadi, jika Anda menderita tekanan darah rendah sudah pasti suluit konsentrasi.

3. Dehidrasi

Jika Anda sering mengalami dehidrasi, lakukan tes hipotensi. Pasalnya darah rendah atau hipotensi dapat menyebabkan hilangnya cairan dan elektrolit dari tubuh.

4. Penglihatan Kabur

Ada tnda berbahaya lainnya dari tekanan darah rendah, yakni penglihatan kabur. Dalam kasus ekstrim, hipotensi yang tak diobati juga dapat menyebabkan penglihatan kabur permanen lho.

Share Artikel: