Menu

Jangan Dicuekin Jika Masih Sayang Nyawa, Ciri Kanker Payudara Gak Cuma Benjolan, Banyak Ternyata!

Riana Agustian
16 Oktober 2021 16:00 WIB
Jangan Dicuekin Jika Masih Sayang Nyawa, Ciri Kanker Payudara Gak Cuma Benjolan, Banyak Ternyata!

Ilustrasi tumor payudara (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, banyak orang mengira gejala utama dari kanker payudara adalah benjolan. Padahal, lebih dari itu, ada beberapa tanda kanker payudara yang mungkin gak banyak diperhatikan, lho.

National Cancer Institute (NCI) mengatakan setiap perubahan mendadak pada payudara dapat menandakan ada sesuatu yang terjadi.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) juga mengungkapkan nyeri payudara atau perubahan puting yang tak biasa, misalnya masuk ke dalam, juga memerlukan pemeriksaan.

Selain itu, banyak wanita yang juga tak menyadari bahwa kulit di payudara juga dapat menunjukkan gejala. Misalnya, tekstur kulit menjadi bersisik, merah, tebal, berbintik-bintik, hingga bergerenjal.

"Setiap iritasi kulit atau adanya lengkungan pada kulit harus ditanggapi secara serius," saran CDC, lapor Health, sebagaimana dikutip dari media sindikasi Suara.com, Sabtu (16/10/2021).

Hal sama berlaku pada cairan yang keluar dari puting (selain ASI), serta pembengkakan, terasa hangat, atau nyeri saat ditekan.

Pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak atau di sekitar tulang selangka juga harus diperiksa. Sebab, kanker payudara dapat menyebar ke bagian ini sebelum merasakan adanya benjolan.

Tapi, kamu gak usah khawatir berlebih, Beauty, pasalnya gejala-gejala tersebut gak selalu menandakan kanker payudara. Bisa saja kamu mengalaminya ketika sedang sindrom pra-menstruasi atau setelah menstruasi.

Intinya, mengenal bentuk dan penampilan payudara itu penting. Jika melihat ada sesuatu yang gak biasa, baik pada puting, tekstur kulit, hingga sensivitas, bicarakan dengan dokter, ya!

Semoga informasinya bermanfaat!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.