Menu

Obat Ronapreve Diklaim Bisa Cegah Kematian Akibat Covid-19, Sudah Aman Belum? Ini Faktanya...

Tasha Rainita
18 Oktober 2021 14:30 WIB
Obat Ronapreve Diklaim Bisa Cegah Kematian Akibat Covid-19, Sudah Aman Belum? Ini Faktanya...

Ilustrasi obat penurun kolesterol, Simvastatin (Freepik.com/rawpixel.com)

HerStory, Jakarta —

Obat ronapreve yang dibuat oleh Regeneron Pharmaceuticals dengan Roche, telah menjadi perbincangan sejak Oktober 2020 lalu.

Kini, obat ronapreve akan digunakan di Australia untuk mengobati atau mencegah infeksi Covid-19 dengan kondisi parah, meskipun enggak bisa disebut sebagai pengganti vaksinasi.

Obat ini juga dapat diberikan kepada orang yang sudah menunjukkan gejala atau mereka yang baru saja terpapar dengan seseorang yang terinfeksi untuk menurunkan risiko terkena virus.

Berdasarkan hasil uji klinis fase 3 terhadap pasien Covid-19 rawat inap berisiko tinggi, menunjukkan bahwa obat ronapreve bisa mencegah kematian hingga 70 persen dan mengurangi durasi gejala hingga empat hari.

Ronapreve termasuk dalam kelas obat yang disebut antibodi monoklonal, atau mAbs. Molekul jenis itu yang diproduksi di laboratorium dengan meniru antibodi alami yang dibuat oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Dikutip dari The Conversation (18/10/2021), berikut ini beberapa fakta mengenai obat ronapreve yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak dan catat baik-baik, ya!

1. Mencegah virus menempel pada reseptor

Kandungan obat terdiri dari dua antibodi monoklonal, casirivimab dan imdevimab. Keduanya dirancang untuk menghentikan virus corona yang menempel pada reseptor ACE2 yang terdapat di permukaan sel saluran pernapasan manusia. Virus mengikat reseptor untuk masuk ke dalam sel, di mana ia dapat bereplikasi sebelum menginfeksi sel lain.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Halaman:

Share Artikel: