Menu

Bukan Sulap Bukan Sihir! 5 Buah Ini Ampuh Sembuhkan Batu Ginjal Tanpa Operasi

Jasmine Rahmanizahra Sumirat
19 Oktober 2021 12:15 WIB
Bukan Sulap Bukan Sihir! 5 Buah Ini Ampuh Sembuhkan Batu Ginjal Tanpa Operasi

Jus buah. (Freepik/detry)

HerStory, Bandung —

Batu ginjal merupakan penyakit yang kerap terjadi karena adanya endapan keras menyerupai batu yang berasal dari mineral di dalam ginjal. Bagi orang yang mengalami penyakit ini, biasanya akan merasakan nyeri pinggang dan saat buang air kecil yang tak tertahankan. Untuk menghindari penyakit batu ginjal kamu perlu menghindari makanan-makanan yang memicu terbentuknya batu ginjal, yaitu makanan yang mengandung oksalat.

Oksalat sendiri merupakan senyawa nabati yang ditemukan di banyak jenis buah, sayuran, produk susu, biji-bijian, dan kacang-kacangan. 

Berikut adalah makanan yang memiliki kandungan oksalat rendah dan baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit batu ginjal, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (19/10/2021).

1. Apel

Apel mengandung lebih sedikit oksalat. Peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi apel sehari sangat membantu dalam mencegah risiko batu ginjal. Kamu dapat menambahkan beberapa irisan apel ke dalam salad buah atau mengonsumsinya dengan segelas susu.

2. Anggur

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa anggur dapat membantu mengurangi pembentukan batu kalsium oksalat hingga 50 persen. Ini karena selain rendah oksalat, anggur kaya akan polifenol, sejenis antioksidan yang dapat membantu mencegah pembentukan kristal oksalat dan mengurangi risiko nefrolitiasis atau batu ginjal.

3. Lemon

Lemon termasuk buah yang rendah oksalat, dan mengonsumsi jusnya dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Selain itu, lemon kaya akan kalium dan asam sitrat yang cenderung meningkatkan volume urin dan mengeluarkan oksalat dari ginjal.

Share Artikel: