Menu

Jangan Nyesel Belakangan, Beauty! Ini 8 Ciri Penyakit Liver pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

Riana Agustian
19 Oktober 2021 09:31 WIB
Jangan Nyesel Belakangan, Beauty! Ini 8 Ciri Penyakit Liver pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

Ilustrasi penyakit perlemakan hati atau fatty liver (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, hati atau liver merupakan organ terbesar kedua setelah kulit. Organ ini berperan penting untuk mencerna makanan dan membersihkan tubuh dari zat beracun.

Karenanya, mengetahui ciri-ciri penyakit liver sedari dini merupakan hal yang penting dalam upaya kewaspadaan.

Pasalnya, liver atau hati yang bermasalah bisa memicu berbagai komplikasi yang dapat membahayakan nyawa, lho!

Lantas, apa saja gejala yang perlu diketahui saat hati wanita mengalami masalah, berikut HerStory rangkum ulasannya dari Mayo Clinic, Selasa (19/10/2021):

1. Perut kembung

Waspada ya Beauty, jika kamu mengalami perut kembung. Sebabnya, perut kembung dapat mengindikasikan steatohepatitis nonalkohol, atau NASH, di mana hati menjadi bengkak dan bekas luka.

Ingat, hati dapat mengambil banyak ruang di perut, jadi jika itu meradang, kita akan mengalami perasaan kenyang atau kembung.

2. Perut buncit

Perlu kamu ketahui juga Beauty, perut buncit dapat terjadi ketika hati bengkak atau tidak berfungsi. Salah satu perbedaan nyata antara lemak perut yang berhubungan dengan hati adalah bahwa ia cenderung berada di perut bagian atas, lebih tinggi daripada lemak perut biasa.

3. Berat badan bertambah tak terkendali

Beauty, hati-hati juga kalau kamu sulit mengontrol berat badan meski sudah menjalani serangkaian diet atau olah raga. Sebab, hati memegang kunci dalam regulasi metabolisme, jadi saat hati tak dapat melakukan tugasnya, seluruh sistem menjadi lamban.