Menu

Wanita Lebih Rentan Alami Penyakit Ginjal Kronis Lho, Perhatikan Ini Tanda-tandanya!

Nada Saffana
19 Oktober 2021 16:00 WIB
Wanita Lebih Rentan Alami Penyakit Ginjal Kronis Lho, Perhatikan Ini Tanda-tandanya!

Seorang wanita sedang berbaring di tempat tidur karena mengalami kram perut akibat menstruasi. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Wanita lebih berisiko alami penyakit ginjal daripada pria. Berdasarkan data, lebih banyak wanita yang didiagnosis dengan penyakit ginjal kronis. Faktor utama yang berkontribusi terhadap penyakit ginjal pada wanita adalah diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan obesitas.

Penyakit ginjal atau penyakit ginjal kronis tak menunjukkan gejala yang parah. Namun, penyakit ini dapat didiagnosis di usia berapa pun.

Meski tak kasat mata, ada beberapa tanda yang harus diperhatikan oleh kaum wanita apabila dirinya mengalami penyakit ginjal. Berikut penjelasannya seperti dilansir dari Boldsky (19/10/2021):

Menstruasi yang Tak Teratur

Wanita dengan gagal ginjal kronis umumnya mengalami menstruasi yang tak teratur. Ini bisa termasuk periode yang terlewat, pendarahan yang berlebihan dan menopause dini.

Begitu penyakit ini memulai dialisis, menstruasi mungkin berhenti karena fungsi ginjal turun di bawah 20 persen dari normal, wanita tersebut cenderung tak bisa hamil karena dialisis.

Disfungsi Seksual

Disfungsi seksual termasuk kelelahan, hubungan seksual yang menyakitkan, kekeringan vagina, kehilangan energi dan libido bisa disebabkan oleh gagal ginjal kronis. Hal ini dapat menyebabkan gejala fisik dan psikologis yang membuat seorang wanita kehilangan minat seksual.