Menu

4 Tanda di Kaki yang Bisa Isyaratkan Kamu Menderita Penyakit Berbahaya, Perhatikan Ya!

Nada Saffana
19 Oktober 2021 17:30 WIB
4 Tanda di Kaki yang Bisa Isyaratkan Kamu Menderita Penyakit Berbahaya, Perhatikan Ya!

Ilustrasi telapak kaki seperti terbakar (Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa masalah kesehatan yang serius bisa dilihat dari keadaan kaki. Dikatakan bahwa banyak orang yang menyepelekan kaki bengkak karena dipikir itu mungkin karena peningkatan tekanan. Tak hanya itu, banyak juga yang mengabaikan luka kecil di kaki padahal itu bisa jadi jadi tanda-tanda masalah kesehatan.

Masalah kesehatan yang bisa dilihat dari kaki, meliputi asam urat dan gula darah. Oleh sebab itu, jika tanda-tanda berikut ini muncul di kaki harus segera diperhatikan karena bisa jadi masalah kesehatan seperti dikutip dari Boldsky (19/10/2021):

Jempol Kaki Membesar

Jempol kaki yang membesar dan meradang bisa berarti asam urat. Ini adalah masalah umum pada pria yang mengonsumsi makanan berprotein tinggi, yang kelebihan berat badan dan tak minum cukup air. Asam urat dapat disembuhkan dengan bantuan makanan dan olahraga yang teratur.

Kaki Terasa Dingin

Salah satu alasan kaki Anda dingin adalah karena kelenjar tiroid. Jika kaki terasa dingin, Anda mungkin menderita hipotiroidisme, suatu kondisi di mana aliran darah ke kaki lebih sedikit dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Timbul Bisul di Kaki

Jika ada bisul di kaki itu merupakan salah satu tanda masalah kesehatan. Kelainan ini bisa menunjukkan tanda diabetes. Terlebih jika ditambah mati rasa atau hilangnya sensasi di sekitar kaki dan borok merah yang tak kunjung sembuh adalah gejala utama diabetes tipe 2 yang tidak terdiagnosis.

Perubahan Bentuk Kuku

Apakah bentuk kuku Anda terlihat berbeda? Jika iya, inilah saatnya Anda melakukan tes jantung. Perubahan bentuk pada kuku jari kaki Anda bisa berarti masalah Kardiovaskular, paru-paru atau pencernaan yang menyebabkan semua kuku di jari kaki dan jari-jari terlihat seperti 'dipukuli'.

Share Artikel: