Menu

Si Kecil Mulai Sekolah Tatap Muka? Gak Perlu Khawatir Moms, Ini Tips Menjaga Anak Tetap Aman dari Covid-19

Jasmine Rahmanizahra Sumirat
19 Oktober 2021 18:35 WIB
Si Kecil Mulai Sekolah Tatap Muka? Gak Perlu Khawatir Moms, Ini Tips Menjaga Anak Tetap Aman dari Covid-19

Ilustrasi sekolah tatap muka. (Unsplash/CDC)

HerStory, Bandung —

Sekolah tatap muka mulai dilaksanakan di beberapa daerah dengan kesiapan yang telah diinstruksikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Rika Rismayati, Koordinator Fungsi Peserta Didik, Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus mengatakan bahwa pemerintah sudah menyiapkan panduan terkait pertemuan tatap muka di sekolah dalam acara Webinar Ruang Keluarga SoKlin Antisep yang bertajuk “Back to School, Are You Ready, Mom?” pada Selasa (19/10/2021).

Soedjatmiko, dokter spesialis anak, mengatakan bahwa terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua dalam menjaga kesiapan anak saat hendak memulai sekolah tatap muka.

Berikut adalah beberapa tips yang direkomendasikan dokter spesialis anak serta pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan TeknologiAjari anak praktik kebersihan

1. Ajarkan Anak Pakai Masker

Mengajari anak menggunakan masker merupakan hal utama yang harus dilakukan orang tua kepada anak. Ini dikarenakan masker dapat melindungi tubuh dari masuknya virus corona sekitar 77-79%.

Moms bisa coba untuk memberitahukan alasan mengapa anak harus memakai masker. Moms juga harus memberi anak contoh dalam menggunakan masker, serta beri pujian kepada anak supaya mereka semakin semangat untuk menggunakan masker.

“Orang tua harus beri contoh menggunakan masker pada anak. Jangan sampai anak disuruh pakai masker, tapi orang tuanya tidak memberi contoh sama sekali,” ujar Soedjatmiko secara virtual, Selasa (19/10/2021).

Share Artikel: