Menu

Jangan Hanya Fokus pada Covid-19, 5 Penyakit Ini Juga Bisa Mengancam Nyawa Anak Lho!

Tasha Rainita
19 Oktober 2021 19:35 WIB
Jangan Hanya Fokus pada Covid-19, 5 Penyakit Ini Juga Bisa Mengancam Nyawa Anak Lho!

Ilustrasi anak sakit tenggorokan. (Freepik/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Pandemi virus corona Covid-19 membuat masyarakat lupa dengan penyakit berbahaya lainnya, terutama yang bisa menyerang bahkan merenggut nyawa anak-anak. Apa kamu tahu penyakit apa saja yang bisa mengintai anak?

Kepada HerStory, Dokter Spesialis Anak, Aileen Clarissa memaparkan lima penyakit berbahaya yang rentan menyerang anak-anak, yaitu pneumonia, diare, tuberkulosis, HIV, dan juga meningitis. Namun, penyakit-penyakit tersebut bisa dicegah kok.

Sampai saat ini, dr. Aileen mengatakan bahwa penyakit yang memiliki potensi besar bisa merenggut nyawa anak-anak adalah pneumonia. Sebab, menurut data yang ada, pneumonia menyumbang sekitar 13 persen kematian balita usia di bawah 5 tahun.

Lantas, apa saja gejala dan bagaimana cara pengobatannya?

Dokter Aileen juga menjelaskan gejala setiap penyakit yang akan muncul. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi pada paru-paru yang bisa disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Penyakit yang satu ini ditandai dengan demam tinggi yang disertai dengan batuk, pilek, dan juga sesak napas.

“Kalau batuk pilek disertai dengan demam sudah lebih dari tiga hari, sebaiknya dibawa ke dokter untuk dikontrol,” jelas dr. Aileen.

Moms, juga harus mewaspadai tanda-tanda bahaya penyakit pneumonia. Jadi, Moms bisa lebih berhati-hati dan segera membawa anak ke dokter jika sudah muncul tanda bahaya. 

“Tanda bahaya penyakit pneumonia itu kalau ada sesak napas ditandai dengan peningkatan frekuensi napas atau jumlah napas per menit. Frekuensi napas normal pada anak sesuai dengan usianya, kalau bayi biasanya di bawah 60 kali per menit dan balita biasanya di bawah 30 kali per menit,” lanjutnya.

Halaman: