Menu

Gak Cuma Buat Survivor Kanker, Deretan Makanan Ini Diklaim Bisa Bikin ‘Turn On’ di Ranjang Lho

Riana Agustian
21 Oktober 2021 09:35 WIB
Gak Cuma Buat Survivor Kanker, Deretan Makanan Ini Diklaim Bisa Bikin ‘Turn On’ di Ranjang Lho

Ilustrasi Kanker Limfoma (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Para pejuang atau survivor kanker payudara yang sedang menjalani pengobatan umumnya mengalami beberapa efek samping baik secara psikis maupun psikologis. Salah satunya adalah kehilangan nafsu atau hasrat untuk berhubungan seksual.

Beberapa dokter pun tak menampik bahwa pengobatan penyakit kanker payudara seperti kemoterapi, bisa memberikan efek kepada kualitas hubungan suami istri. Termasuk di dalamnya adalah menurunnya aktivitas seksual.

Lantas, ditilik dari sisi medis yang berikan dengan gizi sendiri, ada gak sih makanan yang bisa membuat para survivor kanker itu turn on?

“Kalau kita bicara makanan yang bisa meningkatkan atau memperbaiki mood seksual itu itu dikenal dengan istilah afrodisiak. Itu bisa menstimulasi perbaikan performa seksual. Dan memang secara kandungan itu diyakini punya potensi meningkatkan performa seksual. Tetapi ini baru di tingkat penelitian awal, harus ada penelitian-penelitian lanjutan. Namun, tetap sudah teruji,” tutur dr. Dedyanto Henky S, M.Gizi, selaku Medical Nutritionist, saat sesi webinar Kanker Payudara bersama Kalbe, sebagaimana dipantau HerStory belum lama ini.

Lebih lanjut, dr. Deddy mengatakan, setidaknya ada 4 makanan atau bahan makanan yang berpotensi meningkatkan gairah seksual. Pertama, makanan untuk memperbaiki mood atau libido sendiri adalah makanan yang mengandung mineral jenis zinc. Kata dia, kandungan zinc banyak ditemukan pada makanan ikan laut, seperti tiram.  

"Lalu ada juga makanan yang meningkatkan kadar endorphin, yaitu hormone yang bisa bikin kita lebih happy, dan bisa memperbaiki libido seperti coklat hitam. Contoh makanananya adalah coklat hitam dan gingseng, kalau pada sayuran ada asparagus," bebernya.