Menu

Dear Bumil, Rambutmu Rontok Usai Melahirkan? 5 Bahan Alami Ini Bisa Mengatasinya!

23 Januari 2020 13:00 WIB
Dear Bumil, Rambutmu Rontok Usai Melahirkan?  5 Bahan Alami Ini Bisa Mengatasinya!

Wanita yang melihat rambut rontoknya di sisir (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Rambut rontok emang bikin nyebelin! Apalagi para wanita yang kerap memperhatikan betul penampilannya, terutama urusan rambut. Rambut rontok juga sering dialami oleh wanita yang baru saja melahirkan. Beauty ada yang pernah atau sedang mengalaminya?

Mungkin selama kehamilan, rambut tampak sehat dan juga berkilau. Hal itu bisa disebabkan oleh hormon, diet, hingga vitamin prenatal yang dikonsumsi selama hamil. Tapi Beauty, hal itu enggak berlangsung lama setelah melahirkan. kamu akan menemukan rambut yang rontok setelah beberapa minggu melahirkan.

Melansir dari laman Mom Junction, kerontokan pada rambut pascra-persalinan itu dikarenakan tingkat estrogen yang kembali normal. Selama kehamilan, kadar estrogen dapat memperpanjang fase pertumbuhan, salah satunya pada rambut sehingga rambutmu terlihat lebih sehat.

Kalau rambut udah rontok emang bikin risau, terlebih lagi kamu harus menjaga kebersihan agar si Kecil tetap nyaman dan kebersihannya ikut terjaga. Kamu enggak mau kan, saat memberinya makan tiba-tiba ada beberapa helai rambutmu yang jatuh ke dalam makananya?

Nah, biar enggak ribet harus ke salon dan melakukan perawatan rambut , sementara si Kecil belum bisa ditinggal. Ternyata ada lho perawatan rumahan dengan bahan alami yang bisa mengatasi rambut rontok. Penasaran kan? Berikut HerStory rangkum lima di antaranya:

Putih Telur

Kamu bisa mengolah putih telur yang dicampur dengan madu dan zaitun untuk mningkatkan pertumbuhan rambut. Khasiat madu dapat membantu mengondisikan rambut, putih telur dapat memicu tumbuhnya rambut baru, serta mintak zaitun yang dapat menguatkan akar rambut dan membuat rambutmu lebih berkilau.

Dadih

Beauty ada yang tahu Dadih? Dadih itu merupakan yoghurt tradisional khas Minangkabau yang terbuat dari susu Kerbau. Kamu bisa menggunakan Dadih sebagai kondisioner alami yang dapat mencegah kerontokan pada rambut. Oleskan dadih di kepala dan diamkan selama 10 menit.

Minyak jarak

Kaya akan kandungan asam lemak omega-9, minyak jarak dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Enggak cuma itu, minyak jarak juga bisa mencegah rambut rontok dan melembabkan rambut. Kamu bisa mencampurkannya dengan almond atau minyak kelapa dan pijat lembut campuran ini di kulit kepalamu. Let's try it!

Masker rambut ragi

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan masker rambut ragi. Ragi yang terkandung dalam bir mengandung asam folat, biotin, dan riboflavin yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, bisa menguatkan dan membuat rambut tampak berkilau.

Lidah buaya

Terakhir, kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk mengatasi rambut rontok pasca-persalinan. Kandungan vitamin dan mineralnya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, dapat pula meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala yang diyakini baik untuk pertumbuhan folikel rambut yang sehat, menjaga keseimbang pH, dan melembabkan kulit kepala.

Oleskan gel lidah buaya pada kulit kepalamu dan biarkan selama setangah jam kemudian bilas hingga bersih. Lakukan tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih baik. Selamat mencoba Beauty!

Baca Juga: Jangan Takut Lagi Moms! Ini Tips Berhubungan Intim saat Hamil Muda, Benarkah Posisi Woman on Top Bisa Jadi Pilihan?

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Selama Kehamilan, Ini 4 Rekomendasi Suplemen untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha