Menu

Mau Hubungan Pernikahan Tetap Harmonis dan Langgeng? Catat 3 Tips dari Psikolog Yuk, Moms!

Tasha Rainita
25 Oktober 2021 19:30 WIB
Mau Hubungan Pernikahan Tetap Harmonis dan Langgeng? Catat 3 Tips dari Psikolog Yuk, Moms!

Pasangan suami istri. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Dalam hubungan rumah tangga, konflik dan perdebatan anttara suami dan istri itu wajar terjadi. Namun, perlu kamu ketahui kalau sebenarnya ada konflik yang sifatnya membangun dan konflik yang sifatnya enggak membangun.

Kalau konflik yang membangun itu berarti kamu dan pasangan bisa saling belajar dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Sementara itu, konflik yang bersifat enggak  membangun itu berarti cara penyelesaiannya enggak jelas. Konflik seperti itu yang membuat hubungan pernikahan enggak sehat.

Lantas, kalau hubungan pernikahan sudah enggak sehat, lebih baik berpisah atau tetap bertahan?

Kepada HerStory, Psikolog Klinis Karina Delicia menjelaskan bahwa perpisahan juga perlu banyak pertimbangan. Jadi, kamu perlu memikirkan semuanya dengan baik supaya keputusan yang diambil itu enggak salah. 

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan beberapa tanda hubungan pernikahan yang enggak sehat dan perpisahan bisa menjadi pertimbangan. Apa saja?

“Hubungan pernikahan yang enggak sehat itu artinya sudah bertahun-tahun tersakiti, adanya kekerasan secara fisik, psikis, ekonomi, dan seksual. Kalau sudah seperti itu dan pasangan enggak menyadari perbuatannya, mungkin jalan terbaiknya adalah berpisah,” jelas Karina.