Menu

Jangan Sampai Gak Tahu, Warna Lidah Bisa Mendeteksi Kolesterol Tinggi, Coba Cek Deh!

Tasha Rainita
27 Oktober 2021 20:20 WIB
Jangan Sampai Gak Tahu, Warna Lidah Bisa Mendeteksi Kolesterol Tinggi, Coba Cek Deh!

Ilustrasi kanker lidah. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Kolesterol yang tinggi biasanya disebabkan oleh gaya hidup dan juga pola makan yang enggak sehat. Makanya, para penderita kolesterol tinggi harus menghindari pantangan makanan yang dianjurkan.

Kolesterol tinggi juga bisa menjadi silent killer yang memicu masalahh kesehatan lain tanpa menunjukkan tanda-tanda yang jelas. Jadi, penyakit ini harus ditangani dengan serius.

Terkadang, beberapa perubahan fisiologis di lidah mungkin mengisyaratkan tingkat lipid yang tinggi dalam darah. Meskipun kolesterol tinggi jarang menunjukkan gejala jelas, lidah bisa menjadi pintu utama untuk mendeteksi masalah kesehatan dalam beberapa kasus.

Pada orang yang sehat, lidah biasanya berwarna merah muda. Sedangkan, bintil kecil pada bagian atas dan bawah lidah disebut papilla. Lidah yang berwarna terang dan gelap pun bisa memiliki makna yang berbeda.

Lidah yang berwarna ungu atau biru seringkali merupakan tanda bahwa darah enggak bisa mencapai otot untuk memasok jaringan dengan oksigen. Lidah yang kekurangan oksigen adalah hasil dari sirkulasi darah yang rendah di arteri.

Neuropath Laurence Kirk dari British College of Naturopath and Osteopathy, mengatakan lidah manusia itu memiliki banyak pembuluh darah. Aliran liur yang konstan itu bisa mencegah pembentukan bakteri berbahaya di area mulut.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.