Menu

Tanda Serangan Jantung yang Perlu Diwaspadai, Nomor 4 Lebih Rentan Menyerang Wanita!

Nada Saffana
28 Oktober 2021 08:33 WIB
Tanda Serangan Jantung yang Perlu Diwaspadai, Nomor 4 Lebih Rentan Menyerang Wanita!

Ilustrasi serangan jantung. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Serangan jantung dalah masalah kesehatan yang serius. Kondisi ini disebabkan karena suplai darah ke jantung tiba-tiba tersumbat, biasanya oleh bekuan darah. nyumbatan paling sering adalah penumpukan lemak, kolesterol dan zat lain, yang membentuk plak di arteri yang memberi makan jantung (arteri koroner).

Terkadang, plak bisa pecah dan membentuk gumpalan yang menghalangi aliran darah. Aliran darah yang terputus dapat merusak atau menghancurkan bagian dari otot jantung.

Kurangnya suplai darah ke jantung dapat merusak otot jantung secara serius dan dapat mengancam jiwa. Serangan jantung, juga disebut infark miokard (MI), terjadi ketika bagian dari otot jantung tak mendapatkan cukup darah.

Oleh sebab itu, perlu untuk mengetahui tanda-tanda serangan jantung agar bisa segera diatasi dan tak mengancam nyawa. Berikut tanda yang harus kamu perhatikan:

1. Suka mendengkur

Jika kamu mendengkur keras dan suaranya menyerupai terengah-engah, tandanya mengalami pengidap penyakit jantung.

Karena, bisa menyebabkan sleep apnea yang menjadi faktor beresiko terjadi penyakit itu.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.