Menu

Menguak Khasiat Mujarab Daun Sirsak, Bisa Rontokkan Penyakit Diabetes hingga Hipertensi

Nada Saffana
29 Oktober 2021 08:38 WIB
Menguak Khasiat Mujarab Daun Sirsak, Bisa Rontokkan Penyakit Diabetes hingga Hipertensi

Daun sirsak. (GenPI.co/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Banyak tumbuhan yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah daun sirsak. Mungkin buah sirsak lebih dikenal kaya akan manfaat kesehatan, tapi ternyata hal itu juga berlaku untuk daunnya lho.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of Ethnopharmacology melakukan studi tentang penggunaan ekstrak daun sirsak dalam pengobatan tradisional diabetes dan komplikasinya. Hasilnya, air rebusan daun sirsak memiliki kandungan yang luar biasa bagi kesehatan. Salah satunya mengobati diabetes.

Selain diabetes, beberapa penyakit dapat dipercaya sembuh lantaran khasiatnya yang mujarab.

Cara membuat air rebusan daun sirsak sangatlah mudah. Siapkan 9 helai daun sirsak dan cuci hingga bersih. Rebus gerusan daun sirsak tersebut dalam air sebanyak sekitar 1 liter hingga mendidih.

Setelah itu angkat, tuang ke dalam gelas lalu campur dengan madu sesuai selera. Air rebusan daun sirsak campur madu ini bisa diminum rutin setiap malam selama satu minggu.

Untuk itu, beberapa khasiat air rebusan daun sirsak bisa menyembuhkan beberapa penyakit, antara lain sebagai berikut:

1. Sebagai Anti-Bakteri

Manfaat sirsak lainnya adalah sebagai antibakteri yang cukup kuat untuk memberikan perlindungan tubuh dari serangan bakteri yang merugikan. Sifat antibakteri ini tidak hanya terkandung dalam buahnya saja, akan tetapi juga pada daunnya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sirsak secara efektif dapat membunuh berbagai jenis bakteri, termasuk yang menyebabkan radang gusi, kerusakan gigi, dan infeksi jamur.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Share Artikel: