Menu

Ini Makanan 'Haram' yang Bikin Hipertensi Kumat, Nomor 3 Sering Banget Dikonsumsi!

29 Oktober 2021 12:45 WIB
Ini Makanan 'Haram' yang Bikin Hipertensi Kumat, Nomor 3 Sering Banget Dikonsumsi!

Makanan yang picu hipertensi. (GenPI.co/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah kesehatan yang harus diperhatikan. Jika tak ditangani dengan serius, kondisi ini bisa picu penyakit kronis hingga mengancam nyawa.

Nah, asupan makanan jadi salah satu penyebab seseorang memiliki hipertensi atau tekanan darah yang tinggi. Kamu yang memiliki hipertensi penting memulai menerapkan pola makan yang menghindari berbagai makanan penyebab hipertensi.

Hal ini juga dapat dilakukan oleh kamu yang ingin mencegah darah tinggi pada masa depan. Lalu, apa saja makanan pemicu hipertensi?

Makanan olahan, kaleng, dan kemasan

Penderita hipertensi disarankan untuk membatasi bahkan menghindari konsumsi makanan olahan, kaleng, dan kemasan karena berpotensi menjadi pemicu darah tinggi.

Konsumsilah makanan segar yang terbukti lebih sehat dan tidak termasuk dalam pantangan untuk penderita hipertensi.

Bila kamu ingin mengonsumsi makanan olahan, makanan kemasan, atau pun makanan kalengan, sebaiknya perhatikan kadar garam atau natrium yang ada di dalamnya.

Cek label pada makanan tersebut dan baca informasi nilai gizi di bungkus kemasannya, sehingga dapat mengontrol asupan natrium.

Acar

Acar dibuat dengan merendam mentimun ke dalam air yang sudah dicampur cuka dan garam.

Makin lama mentimun atau sayuran lain direndam di air garam, makin banyak pula garam yang diserap.

Oleh karena itu, bila kamu memiliki riwayat hipertensi dan menyukai acar, sebaiknya kamu menghindari makanan ini dari sekarang.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji, seperti pizza, ayam goreng, burger, kentang goreng, dan lainnya, mengandung natrium atau garam serta lemak jahat, yaitu lemak trans dan lemak jenuh, yang tinggi sehingga bisa menjadi pemicu darah tinggi.

Kadar lemak jahat yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh sehingga berpotensi menimbulkan penumpukan lemak di pembuluh darah arteri.




Baca Juga: Beauty, 5 Makanan Ini Gak Boleh Dimakan! Bisa Meninggal, Waduhhh...

Baca Juga: Moms Catat! Berikan 3 Makanan Ini Agar Si Kecil Pintar dan Sehat

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Oleh: Nada Saffana