Menu

Sering Simpan Hp di Bawah Bantal Saat Tidur? Ini 4 Bahaya yang Mengintai

Jasmine Rahmanizahra Sumirat
01 November 2021 19:00 WIB
Sering Simpan Hp di Bawah Bantal Saat Tidur? Ini 4 Bahaya yang Mengintai

Ilustrasi wanita bermain handphone (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Handphone (HP) saat ini memang menjadi barang yang enggak pernah jauh dari tangan kita. Bahkan, sebelum tidur pun seakan-akan menjadi kewajiban untuk memainkannya.

Kita pun sering menyimpan hp di bawah bantal untuk beberapa alasan. Namun, sebenarnya hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan harus segara dihentika.

Berikut adalah bahaya yang mengintai jika menyimpan HP di bawah bantal, dilansir dari berbagai sumber, Senin (1/11/201).

1. Mengurangi kemampuan konsentrasi

Sebanyak 63i pemilik tidur dekat hp dengan menaruhnya tepat di sampingnya. Hal ini dilakukan agar mempermudah menjangkau hp atau agar bunyi alarm terdengar jelas. Namun, hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan.

Menurut penelitian, hp bisa mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang mampu memengaruhi kualitas tidur. Efek dari radiasi yang memengaruhi kualitas tidur ini menyebabkan aliran darah yang diarahkan ke otot-otot menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, di pagi hari mungkin kamu akan merasa kurang konsentrasi, nyeri, dan fokus.

2. Bisa menyebabkan kebakaran

Kasus hp terbakar atau meledak memang sudah banyak terjadi. Namun masih saja banyak orang yang ceroboh menaruh hp di bawah bantal, terlebih saat sedang dalam kondisi mengisi baterai dan dibiarkan semalaman.

Share Artikel: