Menu

Salah Kaprah! 5 Penyakit ini Sering Dikira Masuk Angin, Padahal Bisa Bikin Pendek Umur!

Riana Agustian
02 November 2021 09:20 WIB
Salah Kaprah! 5 Penyakit ini Sering Dikira Masuk Angin, Padahal Bisa Bikin Pendek Umur!

ilustrasi masuk angin (Doktersehat/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, pernahkah kamu mengalami perut kembung, pusing, demam, sesak napas, atau pegal-pegal? Jika kamu merasakan gejala tersebut, pasti kamu akan berpikir bahwa kamu cuma masuk angin, kan?

Tahu gak, Beauty, istilah masuk angin nyatanya gak ada di dalam kamus medis, lho! Bukan cuma itu, keluhan yang sering dikira sebagai masuk angin nyatanya bisa menjadi tanda dari penyakit yang lebih berbahaya lagi, lho. Ngeri!

Nah, berikut ini adalah beberapa penyakit dengan gejala seperti masuk angin, jangan disepelein ya!

1. Demam Berdarah Dengue (DBD)

DBD adalah penyakit yang terjadi akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyakit sering disalahartikan sebagai masuk angin, karena gejalanya sangat mirip.

Seperti, demam, badan lemas, nyeri otot dan sendi, serta pegal-pegal. Tapi kamu perlu waspada Beauty, DBD yang terlambat ditangani bisa menyebabkan kematian!

2. Infeksi Saluran Pencernaan

Tahukah kamu Beauty, gejala yang dikira masuk angin seperti mual, muntah, perut kembung, diare, dan sembelit juga dapat terjadi akibat infeksi saluran pencernaan? Ya, penyakit ini biasanya terjadi saat organ pencernaan mengalami peradangan, baik akibat infeksi virus atau bakteri maupun akibat kondisi-kondisi lainnya.