Menu

Catat Moms! Ini Waktu Terbaik untuk Hamil Lagi Setelah Keguguran

02 November 2021 22:40 WIB
Catat Moms! Ini Waktu Terbaik untuk Hamil Lagi Setelah Keguguran

Ilustrasi wanita yang tak kunjung hamil. (Medical News Today)

HerStory, Jakarta —

Keguguran terjadi ketika kehamilan berakhir secara tak terduga sebelum 20 minggu. Kondisi ini bisa menjadi perjuangan bagi calon ibu dan dapat menyebabkan frustasi serta tekanan emosional karena kehilangan calon bayinya.

Secara umum, tidak ada alasan klinis bagi wanita untuk langsung hamil lagi. Tetapi biasanya dokter menyarankan untuk menunggu hingga merasa siap secara mental dan fisik.

Dikutip dari laman Himedik.com (02/11/2021), berdasarkan Insider, faktor terbesar yang menentukan kapan seorang wanita yang baru keguguran bisa hamil lagi adalah masa ovulasi berikutnya.

Umumnya, siklus menstruasi akan kembali normal dalam waktu 4 hingga 6 minggu. Tetapi akan berbeda pada setiap orang.

Sebaiknya tidak menunggu lama untuk hamil lagi setelah keguguran. Sebuah studi pada 2016 menunjukkan 53% wanita yang mencoba hamil lagi dalam waktu 3 bulan setelah keguguran lebih berhasil daripada 36% yang menunggu lebih dari waktu itu.

Cara meningkatkan peluang hamil lagi

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peluang hamil, salah satunya mengonsumsi vitamin prenatal, seperti asam folat.

Sangat penting juga untuk memastikan bahwa calon ibu yang memiliki kondisi medis tertentu tetap terkontrol, misalnya tekanan darah tinggi atau diabetes.

Menjaga gaya hidup sehat juga sangat diperlukan, seperti pola makan seimbang, olahraga teratur, dan mengontrol tingkat stres.

Tidak perlu takut untuk hamil lagi, sebab sebagian besar calon ibu tetap bisa hamil secara normal setelah keguguran.

"Sebagian besar wanita akan hamil secara normal setelah satu kali keguguran," tandas Sohinee Bhattacharya , dosen senior di Obstetric Epidemiology di University of Aberdeen.

Lihat Sumber Artikel di Himedik.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Himedik.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Himedik.com.