Kementerian Agama telah selesai menggelar Sidang Isbat pada hari ini (22/5/2020). Hasil dari Sidang Isbat menetapkan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020, Beauty. Jadi, kamu masih berpuasa esok hari ya!

Hasil sidang isbat menyatakan bahwa hilal atau penentu datangnya bulan baru penanggalan hijriah belum tampak. Karena itu Ramadan digenapkan atau disempurnakan menjadi 30 hari (istikmal).

Dua cara adalah hisab dengan perhitungan dan rukyat atau melihat langsung hilal. Kedua metode itu dinilai saling melengkapi.

Baca Juga: Pusat Perbelanjaan Dikerumuni Demi Baju Lebaran, Kartika Putri Prihatin Hingga Tak Kuat Menahan Tangis

Baca Juga: Patut Diwaspadai! 3 Gangguan Kesehatan Ini Rentan Terjadi Setelah Lebaran!

"Ketinggian hilal di seluruh Indonesia di bawah ufuk," kata Menteri Agama Fachrul Razi di Kementerian Agama di Jakarta usai memimpin sidang Isbat. "Dari 80 titik tidak melihat hilal."

Oleh karena itu, semua umat muslim akan merayakan Hari Raya Idulfitri pada Minggu (24/5/2020). Namun, Hari Raya tahun ini berbeda dari yang sebelumnya karena Indonesia masih dalam keadaan pandemi corona. Lebaran tahun ini hanya bisa dirayakan di rumah saja, tanpa ada bersalam-salaman dan juga mudik ke kampung halaman.