Hubungan disfungsional atau 'Tak Berfungsi' merupakan hubungan yang sudah enggak ada dukungan satu sama lain, mandek, enggak maju-maju, dan lainnya. Biasanya hal yang seperti ini disebabkan karena adanya pertengkaran, permasalahan yang terjadi, dan hal-hal negatif lainnya.  Hubungan seperti ini bisa dikatakan hubungan yang sudah enggak sehat lho. Bisajadi hubungan ini berubah menjadi hubungan toxic. Sayangnya, pasangan yang merasa hubungannya sudah enggak berfungsi lagi, susah untuk melepaskan diri karena masih menganggap hubungannya baik-baik saja. 

Jangan sampai hubungan yang seperti ini terjadi pada hubungan kamu ya Beauty! Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (23/05/2020) apa saja ya tandanya hubungan yang sudah enggak berfungsi lagi alias disfungsional?

baca Juga: Sebelum Nikah, Penting Nih untuk Menanyakan 4 Hal Ini kepada Pasangan Kamu, Catat Ya!

Hadirnya rasa bosan yang terus-menerus

Jika kamu mengalami rasa bosan terhadap pasangan kamu secara terus-menerus, bisajadi ini merupakan tanda hubungan disfungsional alias hubungan yang mandek, gitu-gitu aja terus. Biasanya hal ini terjadi karena udah jarang komunikasi, jarang cerita satu sama lain, atau mungkin ada sesuatu yang salah pada hubungan kamu. 

Merasa selalu disalahkan

Pada dasarnya menyalahkan pasangan memang suatu hal yang sah, tapi dengan catatan kamu memiliki kesalahan. Tapi, jika pasangan kamu terus-terusan menyalahkan kamu, seakan-akan playing victim, menyudutkan kamu, atau membalikan fakta, bisa jadi ini merupakan tanda hubungan yang sudah enggak berfungsi lagi. Mengapa? karena pasanganmu  yang sudah enggak mau berintropeksi atau berkembang menjadi lebih baik. Emangnya kamu mau disalahkan terus-menerus?

Ketegangan

Ketegangan juga merupakan tanda hubungan yang disfungsional lho. Walaupun ketegangannya enggak hanya berasal dari masalah besar, masalah sepele pun bisa sebagai pemicu pertengkaran dan membuat suasana menjadi kacau. Biasanya ketegangan dapat membuat kamu merasa cemas dan susah mengendalikan emosi. 

Baca Juga: 3 Hal yang Dilakukan Pasangan Jika Dia Benar Mencintaimu, Cowok Kamu Lakukan Ini Gak?

Merasa frustasi

Rasa frustasi pun akan muncul pada hubungan yang sudah enggak berfungsi lagi. Biasanya frustasi timbul karena kamu dengannya sudah sangat jarang berkomunikasi. Hasilnya, hubungan kamu enggak berjalan baik seperti dulu. Daripada kamu terkurung pada hubungan yang seperti ini, lebih baik kamu keluar dari cangkang dan mengambil kebebasan hidup kamu, seperti burung yang keluar dari cangkangnya. 

Semoga bermanfaat ya!