Menu

Worth To Eat! Ini Deretan Sayuran yang Ramah Ginjal

Riana Agustian
04 November 2021 12:25 WIB
Worth To Eat! Ini Deretan Sayuran yang Ramah Ginjal

Ilustrasi Ginjal. (pinterest/cfnewstoday)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kayaknya udah rahasia umum kalo sayuran punya segudang manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah menjaga fungsi ginjal.

Seperti kita tahu, ginjal yang berfungsi baik adalah salah satu syarat tubuh sehat. Jika ginjal rusak, otomatis bisa memicu timbulnya penyakit-penyakit lain yang bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Gak mau kan tentunya..

Nah, untuk menjaga sistem ginjal berjalan lancar, kamu sebaiknya mengonsumsi sejumlah sayuran hijau yang punya manfaat untuk membersihkan, memurnikan, melindungi, dan meningkatkan kinerja ginjal.

Adapun beberapa sayuran yang bisa membantu menjaga kesehatan ginjal seperti yang dilansir oleh boldsky.com, antara lain:

1. Paprika merah

Sayuran ini dikenal ramah ginjal lantaran kandungan potasiumnya yang rendah. Kadar tinggi potasium dalam darah bisa mendorong timbulnya penyakit ginjal kronis.

Selain itu, paprika merah juga mengandung antioksidan yang kuat seperti vitamin C, A, B6, dan sederet nutrisi lainnya seperti asam folat dan serat.

2. Wortel

Nah buat kamu Beauty yang punya masalah ginjal sangat disarankan untuk mengonsumsi wortel. Karena, wortel tinggi akan kandungan nutrisi yang baik untuk mengontrol diabetes, penyebab utama penyakit ginjal.

3. Lobak

Lobak sangat tinggi akan nutrisi di dalamnya. Lobak baik untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan ginjal karena lobak membantu untuk membersihkan racun yang terakumulasi dalam ginjal dan menghambat infeksi pada ginjal.

4. Kubis

Kuibis, sayuran silangan ini membantu memecah radikal bebas sebelum dapat merusak tubuh lho, Beauty.Kubis kaya akan fitokimia, vitamin K, vitamin C, serat dan juga merupakan sumber vitamin B6 dan asam folat yang baik. Selain itu, jumlah potasium yang rendah dalam kubis menjadikannya tambahan yang terjangkau untuk diet ramah ginjal.