Menu

Terasa Nyata, Isu KDRT di Tengah Pandemi Dikemas 'Tegang' dalam Film Paranoia

Clara Aprilia
05 November 2021 21:10 WIB
Terasa Nyata, Isu KDRT di Tengah Pandemi Dikemas 'Tegang' dalam Film Paranoia

Press conference dan press screening peluncuran film Paranoia. (HerStory/Clara Aprilia Sukandar)

HerStory, Jakarta —

Pandemi Covid-19 memberikan dampak luar biasa terhadap berbagai lini kehidupan. Salah satunya adalah kehidupan rumah tangga. Kebijakan pemerintah yang mengharuskan semua orang berada di rumah, mulai dari PSBB hingga PPKM, membuat wanita rentan sekali mengalami berbagai macam kekerasan, salah satunya Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT).

Berdasarkan data Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMFONI PPA), sejak 14 Maret-22 April 2020 telah terjadi 105 kasus kekerasan terhadap perempuan, dengan 106 korban yang 67 di antaranya mengalami KDRT.

Berangkat dari banyaknya isu yang muncul di tengah pandemi, Mira Lesmana, produser film ternama di Indonesia mencetuskan pikirannya ke dalam sebuah karya film yang bisa dinikmati masyarakat Indonesia. Rasa khawatir, takut, cemas, dan lain sebagainya dikemas dalam film thriller yang menegangkan, Paranoia.

Terasa nyata dengan kehidupan sehari-hari di tengah pandemi, film yang mampu menghipnotis penonton itu akan segera tayang perdana di Bioskop kesayangan kita semua pada, Kamis (11/11/2021).