Menu

Duh Ngeri Banget! 5 Perubahan di Kulit Ini Bisa Jadi Ciri Jantungmu Bermasalah Lho Beauty

Riana Agustian
08 November 2021 10:05 WIB
Duh Ngeri Banget! 5 Perubahan di Kulit Ini Bisa Jadi Ciri Jantungmu Bermasalah Lho Beauty

Ilustrasi penyakit jantung. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Tekanan darah tinggi salah satu penyebab penyakit jantung. Sedangkan, penyakit jantung salah satu penyebab utama kematian yang gejalanya sulit terdeteksi.

Padahal, mendeteksi gejala penyakit jantung lebih awal bisa membantu meringankan gejalanya dan mengurangi risiko serangan jantung atau komplikasi serius lainnya, lho.

Tapi dilansir dari Expresskulit bisa memberikan petunjuk tentang penyakit jantung, antara lain:

1. Pembengkakan pada kaki dan tungkai bawah

Pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, dan kaki bagian bawah bisa menjadi tanda bahwa jantung kamu gak bekerja baik, Beauty.

Salah satu gejala penyakit jantung adalah penumpukan cairan di kaki yang menyebabkan pembengkakan. Jika kamu melihat kaki dan tungkai bawah bengkak tanpa penyebab jelas, seperti cedera. Maka, kamu harus segera konsultasi dengan dokter, ya!

2. Bercak biru atau ungu pada kulit

Selanjutnya, jika kamu memiliki bercak biru atau ungu di kulit, itu juga bisa menjadi tanda penyumbatan di pembuluh darahBeauty.

Beberapa orang mengalami ekstremitas membiru ketika kedinginan. Jika kondisi ini terjadi pada saat suhu tubuh normal, maka itu bisa menjadi tanda darah tidak mendapatkan cukup oksigen.

Jika kamu mendapati bercak di jari kaki, itu disebut sindrom kaki biru. Bila tak diobati, kondisi itu bisa menyebabkan kulit dan jaringan di sekitarnya mati.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.