Beauty yang sedang dalam masa kehamilan, kalian tahu enggak sih kalau kadar hemoglobin dalam tubuh itu dapat membantu memenuhi oksigen yang dibutuhan bayi dalam kandungan lho.

Tapi selama kehamilan, konsentrasi hemoglobin pada tubuh cenderung menurun terutama saat trimester pertama kehamilan. Bahayanya, kalau kondisi ini terus terjadi hingga trimester kedua, besar kemungkinan dapat menyebabkan Anemia.

Eits! Tapi , kamu jangan khawatir Beauty karena kondisi itu bisa dicegah kok! Kamu bisa meningkatkan kadar Hemoglobin dengan lima cara berikut ini, seperti yang dilansir dari laman MomJunction:

Makanan yang kaya zat besi dalam diet

Enggak jarang kalau dokter menyarankan ibu hamil untuk melakukan diet hamil. Walaupun kamu sedang diet hamil, kamu juga harus memerhatikan nutrisi zat besi yang masuk dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dapat meningkatkan hemoglobin. 

Untuk mendapatkan nutrisi zat besi yang cukup, kamu bisa mengonsumi buncis, kacang tanah, gandum, telur, atau kelapa yang dapat membantumu meningkatkan hemoglobin pada tubuh.

Makanan yang kaya akan Vitamin C

Vitamin C dapat membantu menyerap zat besi dari makanan yang kamu konsumsi. Sehingga menghasilkan lebih banyak hemoglobin dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi kembang kol, lada hijau, blewah, stroberi, dan sayuran atau buah-buahan yang mengandung vitamin C lainnya.

Obat dan Suplemen

Biasanya dokter kandungan meresepkan suplemen zat besi berdasarkan jumlah hemoglobin. Mengambil dosis suplemen yang ditentukan dapat membantu mencegah risiko Anemia.

Hindari makanan manis, kafein, dan alkohol

Menghindari makanan manis, kafein, dan beralkohol bisa menyerap lebih banyak zat besi sehingga meningkatkan jumlah hemoglobin. Seperti menghindari es krim, susu, teh kopi, minuman bersoda, alkohol, termasuk keju dan juga yoghurt.

Lakukan pengobatan khusus

Kamu juga bisa melakukan pengobatan khusus sesuai resep medis. Dalam beberapa kasus yang terjadi, sel-sel darah merah dihancurkan lebih cepat daripada yang diproduksi dalam tubuh, hal ini mengakibatkan ibu hamil bisa mengalami Anemia Hemolitik.

Baca Juga: Nonton Drama Korea Bisa Bikin Janin Stres? Ini Alasannya!

Nah Beauty, itu tadi seputar lima cara meningkatkan kadar hemoglobin selama kehamilan. Semoga bermanfaat!