Menu

Jangan Ngeyel! Hindari 7 Aktivitas Ini Kalau Gak Mau Kadar Gulamu Melonjak

Riana Agustian
11 November 2021 13:05 WIB
Jangan Ngeyel! Hindari 7 Aktivitas Ini Kalau Gak Mau Kadar Gulamu Melonjak

Hindari stress (Unsplash)

HerStory, Bogor —

Beauty, apakah kamu salah satu penderita diabetes?

Jika iya, berarti kamuwajib mengelola kadar gula darah untuk mencegah komplikasi penyakit ya.

Menurut Luke Coutinho, Pelatih Gaya Hidup Holistik, seperti ditulis NDTV, diabetes merupakan penyakit gaya hidup.Sementara, gaya hidup dan kebiasaan makan yang buruk bisa menyebabkan diabetes tipe II.

“Stres, gaya hidup, menu makanan yang buruk, dan siklus tidur yang gak sehat bisa memperburuk kondisi diabetes. Dan, diet seimbang dan gaya hidup yang lebih baik bisa memainkan peran besar dalam mengelolanya," kata Coutinho.

Tapi perlu diingat Beauty, cara mengatasi diabetes gak cuma dengan selektif mengonsumsi makanan tapi juga mengubah gaya hidup. Ya, kamu harus menghindari beberapa kebiasaan buruk, seperti:

1. Melewatkan Sarapan

Ingat Beauty, seseorang dengan kondisi diabetes tipe 2, sarapan adalah waktu makan yang paling penting. Ternyata jika melewatkan sarapan, kadar gula darah seseorang dengan kondisi diabetes tipe 2 bisa meningkat cepat.

Rupanya, sel beta pankreas yang memproduksi insulin terkena dampak dari sarapan yang terlewatkan. Namun, jangan lupa juga untuk memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi untuk sarapan, ya.

Untuk menghindari kadar gula meningkat, sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi tapi rendah karbohidrat seperti telur, bayam, jamur, dan tomat.

2. Diet rendah lemak dan tinggi karbohidrat

Ingat ya Beauty, lemak harus jadi bagian penting dari diet harian kamu seperti nutrisi lainnya. 

"Berhentilah untuk mengutuk lemak. Jenis lemak yang salah dan terlalu banyak adalah penyebabnya (menaikkan kadar gula darah)," kata Countiho. 

Nah, kamu sebaiknya mengonsumsi lemak dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak murni yang baik untuk kesehatan jantung serta diabetes. 

Gak cuma itu Beauty, pakar kesehatan juga menyarankan untuk menambahkan beberapa bahan alami dalam diet diabetes

Bahan alami seperti kamu manis, kunyit, daun kari, oregano, dan lidah buaya baik untuk mengontrol gula darah. 

3. Mager alias males gerak

Hayo ngaku, apa kamu termasuk orang yang mager? Gaya hidup mager alias malas bergerak secara aktif sering dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan termasuk kenaikan berat badan dan gula darah. 

Jadi sebaiknya, usahakan kamu tubuhmu tetap bergerak aktifuntuk mengelola kadar gula darah dan bisa meningkatkan kesehatan tubuh. 

Dan, buat kamu yang baru mau mencoba olahraga sebaiknya hindari olahraga berat pada hari pertama, sebab bisa terjadi penurunan gula darah secara tiba-tiba.