Menu

Anut Agama Islam, 2 Pesohor Tanah Air Ini Santai Makan Daging Babi, Bungsu Presiden Jokowi: Dagingnya Bikin Ngangenin...

Witri Nasuha
11 November 2021 13:45 WIB
Anut Agama Islam, 2 Pesohor Tanah Air Ini Santai Makan Daging Babi, Bungsu Presiden Jokowi: Dagingnya Bikin Ngangenin...

Chef Renatta, Kaesang Pangarep (Instagram/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Daging babi menjadi salah satu makanan yang dilarang dan diharamkan untuk disantap dalam ajaran Islam. Namun, bagaimana bila ada orang muslim yang dengan santainya menyantap daging babi padahal sudah jelas-jelas diharamkan?

Penceramah kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) pernah menyinggung soal daging babi yang rupanya halal untuk di makan oleh umat muslim. Namun, hal tersebut dihalalkan bila dalam keadaan darurat. 

“Babi itu haram, tapi makan babi tidak selamanya haram,” ujar UAS saat menghadiri diskusi virtual bersama IDI, dikutip dari berbagai sumber, Kamis (11/11/2021).

Kondisi yang dimaksud UAS adalah ketika seorang umat Muslim tengah berada di dalam hutam dan tak bisa menemukan sumber makanan halal di sekitarnya.

"Daging babi boleh dimakan, ketika umat muslim tersesat di dalam hutan, dan tak bisa mendapatkan sumber makanan lain. Sebab, pilihannya hanya babi atau mati," terang sang pendakwah.

Jadi, perlu dipahami, makan daging babi hanya diperbolehkan saat momem darurat saja. Sebab, ketimbang harus kehilangan nyawa lantaran tak ada makanan lain, menyantap daging tersebut diyakini menjadi opsi terakhir yang bisa dipilih.

Namun, bagaimana jadinya bila terlepas dari keadaan darurat justru ada sejumlah orang Muslim yang dengan santainya menyantap daging babi? Seperti yang pernah dilakukan oleh para pesohor Tanah Air berikut ini.

Halaman: