Menu

Waspada Tanda Penyakit Diabetes pada Pusar

Jasmine Rahmanizahra Sumirat
14 November 2021 23:05 WIB
Waspada Tanda Penyakit Diabetes pada Pusar

Wanita dengan perutnya yang buncit. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Diabetes merupakan kondisi tingginya kadar glukosa dalam darah. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mengolah glukosa menjadi energi dengan baik.

Diabetes seharusnya bisa dideteksi sejak dini untuk menghindari komplikasi parah. Sayangnya, banyak gejala diabetes yang seringkali terabaikan hingga berkembang semakin parah.

Padahal, diabetes bisa menjadi penyakit yang mengancam jiwa bila kadar gula darah tinggi tak terkontrol. Salah satu tanda bahwa kamu memiliki kadar gula darah tinggi atau diabetes akan terlihat pada bagian pusar.

Tanda Diabetes pada Pusar

Ada beberapa gejala klinis yang terkait dengan diabetes pada tahap awal, tetapi komplikasi pasti akan muncul jika kadar glukosa tinggi tidak ditangani.Tanda-tanda gula darah tinggi kronis biasanya bermanifestasi di lengan, kaki dan mata, yang disebabkan oleh neuropati diabetik atau kerusakan saraf.

Tanda-tanda lain dari kadar gula darah tak terkendali termasuk infeksi jamur. Candida adalah ragi yang biasanya tumbuh di area tubuh yang lembab dan gelap.

Infeksi jamur semacam itu dapat terjadi di pusar dan ditandai dengan keluarnya cairan bening atau berwarna. Kulit berkerak, bau menyengat, gatal, dan kemerahan juga merupakan tanda infeksi jamur di pusar.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.