Menu

5 Kebiasaan Ini Bisa Picu Pendarahan di Otak, Salah Satunya Minum Kopi

Cherryn Lagustya
15 November 2021 22:15 WIB
5 Kebiasaan Ini Bisa Picu Pendarahan di Otak, Salah Satunya Minum Kopi

Ilustrasi otak yang mulai mengalami kerusakan karena kebiasaan buruk. (Freepik/asier_relampagoestudio)

HerStory, Jakarta —

Pendarahan otak merupakan salah satu jenis stroke yang bisa menyebabkan kematian, kondisi ini membutuhkan penanganan medis segera.

Pendarahan otak kerap kali terjadi tanpa disadari, ada banyak hal yang sering kali diabaikan tetapi berptensi memicu terjadinya pendarahan otak.

Dilansir dari Suara.com dan CBS News, gak banyak yang tahu bahwa kebiasaan sehari-hari yang terkesan sepele pun bisa menyebabkan pendarahan otak.

1. Berhubungan seks

Berhubungan seks bisa menyebabkan pusat kesenjangan di otak menyala. Tapi, itu juga bisa menyebabkan aneurisma otak pecah. Studi menunjukkan bahwa hubungan seks meningkatkan risiko pendarahan otak hingga 11 kali lipat.

2. Mengejan ketika BAB

Pada orang dengan enurisma otak, sembelit dianggap lebih dari sekadar gangguan. ara peneliti menemukan bahwa mengejan untuk buang air besar dapat menyebabkan peningkatan risiko pendarahan otak lebih dari 7 kali lipat.

Dr. Monique Vlak, ahli saraf di University Medical Center di kota Utrecht, Belanda pun mengatakan mengobati pasien sembelit dengan obat pencahar dapat menurunkan risiko perdarahan subarachnoid.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.