Menu

Moms Wajib Tahu! Ini 10 Cara Melatih Mental Anak Agar Berani

Riana Agustian
17 November 2021 19:45 WIB
Moms Wajib Tahu! Ini 10 Cara Melatih Mental Anak Agar Berani

Ilustrasi si Kecil belajar berkomunikasi. (Unsplash/Saeed Karimi)

HerStory, Bogor —

Moms, memiliki anak-anak dengan mental yang kuat dan berani tentu jadi keinginan setiap orang tua. Mental yang sehat dan kuat pada anak penting untuk menyongsong tantangan yang ada, baik di sekolah maupun di lingkungan sosial mereka lainnya.

Nah, mental anak perlu dilatih agar si kecil siap menghadapi tantangan di masa dewasanya juga lho Moms. Adapun nantinya, saat si kecil bermental baja, dia akan lebih terhindar dari stres, depresi, hingga masalah kesehatan mental lainnya.

Tapi meski begitu, gak mudah untuk mendidik anak memiliki mental yang kuat. Moms perlu tips berikut ini untuk mendidik anak memiliki mental yang sehat dan kuat. Berikut paparannya, seperti dilansir dari verywell family.

Biarkan Anak Membuat Kesalahan

Ingat Moms, mengajari anak bahwa kesalahan adalah bagian dari proses pembelajaran sehingga dia tak merasa malu atau malu melakukan kesalahan.

Mengajak Anak Berpikir Kritis

Membangun pemikiran kritis sejak dini juga menjadi salah satu cara melatih mental anak, Moms. Salah satu cara untuk mengajak anak berpikir kritis seperti membiasakan berdiskusi dengan anak. Orang tua juga dianjurkan untuk bertanya pendapat anak mengenai berbagai masalah. Sehingga anak juga berlatih untuk berpikir kritis bukannya apatis.

Ajarkan untuk Mengubah Pikiran Negatif

Jangan lupa Moms, kamu harus bisa juga mengajari anak untuk mengubah pikiran negatif agar dia bisa berpikir lebih realistis.

Bangun Karakter

Anak-anak membutuhkan kompas moral yang kuat untuk membantu mereka membuat keputusan yang sehat. Bekerja keras untuk menanamkan nilai-nilai pada anak.Misalnya, tekankan pentingnya kejujuran dan kasih sayang, daripada menang dengan segala cara.